Page 7 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 7

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                4.6   Apakah Biaya Dan Harga Yang Dikeluarkan Perusahaan Cukup Bersaing Dibanding
                     Para Pesaingnya, Dan Apakah Perusahaan Memiliki Proposisi Nilai Yang Menarik
                     Minat Para Pelanggan ............................................................................................................................................. 22
                4.7   Apakah Perusahaan Secara Kompetitif Kuat Atau Lemah  Dibandingkan Dengan Para Pesaing? .............. 22
                4.8   Isu-Isu Stratejik Dan Permasalahan Apa Saja Yang Perlu Mendapatkan Perhatian
                     Utama Para Manajer? .............................................................................................................................................. 23

            BAB V
            LIMA STRATEGI KOMPETITIF GENERIK: YANG MANAKAH YANG AKAN DITERAPKAN ......................................26
                5.1  Pendahuluan............................................................................................................................................................. 26
                5.2   Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 26
                5.3   Lima Strategi Kompetitif Generik ......................................................................................................................... 26
                5.4   Strategi Penyedia Biaya Rendah ............................................................................................................................ 27
                5.5   Strategi Diferensiasi Luas ....................................................................................................................................... 27
                5.6   Strategi Pasar Terfokus ............................................................................................................................................ 28
                5.7   Strategi Penyedia Biaya Terbaik ............................................................................................................................. 29
                5.8   Fitur-Fitur Yang Kontras Antara Ke Lima Strategi Kompetitif Generik: Sebuah Ringkasan ........................ 29
            BAB VI
            MEMPERKUAT POSISI DAYA SAING PERUSAHAAN
                               DOKUMEN
                6.1  Pendahuluan............................................................................................................................................................. 30
                6.2   Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 30
                6.3   Memilih Strategi Ofensif – Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memperbaiki Posisi Pasar Perusahaan .......... 31
                6.4   Strategi Defensif – Melindungi Posisi Pasar Dan Keunggulan Kompetitif ..................................................... 31
                6.5   Pengaturan Waktu Untuk Tindakan Ofensif Atau Defensif Stratejik Perusahaan ......................................... 31
                                                     IAI
                6.6   Memperkuat Posisi Pasar Perusahaan Melalui Scope Operasinya .................................................................... 32
                6.7   Strategi Merger Horisontal Dan Akuisisi ............................................................................................................. 32
                6.8   Strategi Integrasi Vertikal ....................................................................................................................................... 32
                6.9   Strategi Alihdaya (Outsourcing): Merapmpingkan Scope Operasional ............................................................ 33
                6.10  Strategi Aliansi Dan Kemitraan ............................................................................................................................. 33
            BAB VII
            STRATEGI UNTUK BERSAING DI PASAR INTERNASIONAL .......................................................................36
                7.1  Pendahuluan............................................................................................................................................................. 36
                7.2   Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 36
                7.3   Mengapa Perusahaan Memutuskan Masuk Ke Pasar Global ............................................................................ 36
                7.4   Mengapa Bersaing Melintasi Batas Wilayah Negara Menyebabkan Pengembangan
                     Strategi Menjadi Lebih Komplek ........................................................................................................................... 37
                7.5   Konsep-Konsep Persaingan Multi-Domestik Dan Persaingan Global ............................................................. 37
                7.6   Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memasuki Pasar Internasinal ......................................................................... 37
                7.7   Bersaingan Secara Internasional: Tiga Pendekatan Strategik Utama ............................................................... 38
                7.8   Pencarian Keunggulan Kompetitif di Arena Internasional ............................................................................... 38
                7.9   Kantung-Kantung Sumber Keuntungan Dan Tindakan-Tindakan Strategik Lintas Negara ........................ 38
                7.10  Strategi Bersaing Di Pasar Negara-Negara Berkembang.................................................................................... 38
                7.11  Bertahan Terhadap Raksasa-Raksasa Global: Strategi Bagi Perusahaan Lokal............................................... 39















     iv      Ikatan Akuntan Indonesia
   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12