Page 7 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 7
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
4.6 Apakah Biaya Dan Harga Yang Dikeluarkan Perusahaan Cukup Bersaing Dibanding
Para Pesaingnya, Dan Apakah Perusahaan Memiliki Proposisi Nilai Yang Menarik
Minat Para Pelanggan ............................................................................................................................................. 22
4.7 Apakah Perusahaan Secara Kompetitif Kuat Atau Lemah Dibandingkan Dengan Para Pesaing? .............. 22
4.8 Isu-Isu Stratejik Dan Permasalahan Apa Saja Yang Perlu Mendapatkan Perhatian
Utama Para Manajer? .............................................................................................................................................. 23
BAB V
LIMA STRATEGI KOMPETITIF GENERIK: YANG MANAKAH YANG AKAN DITERAPKAN ......................................26
5.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 26
5.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 26
5.3 Lima Strategi Kompetitif Generik ......................................................................................................................... 26
5.4 Strategi Penyedia Biaya Rendah ............................................................................................................................ 27
5.5 Strategi Diferensiasi Luas ....................................................................................................................................... 27
5.6 Strategi Pasar Terfokus ............................................................................................................................................ 28
5.7 Strategi Penyedia Biaya Terbaik ............................................................................................................................. 29
5.8 Fitur-Fitur Yang Kontras Antara Ke Lima Strategi Kompetitif Generik: Sebuah Ringkasan ........................ 29
BAB VI
MEMPERKUAT POSISI DAYA SAING PERUSAHAAN
DOKUMEN
6.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 30
6.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 30
6.3 Memilih Strategi Ofensif – Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memperbaiki Posisi Pasar Perusahaan .......... 31
6.4 Strategi Defensif – Melindungi Posisi Pasar Dan Keunggulan Kompetitif ..................................................... 31
6.5 Pengaturan Waktu Untuk Tindakan Ofensif Atau Defensif Stratejik Perusahaan ......................................... 31
IAI
6.6 Memperkuat Posisi Pasar Perusahaan Melalui Scope Operasinya .................................................................... 32
6.7 Strategi Merger Horisontal Dan Akuisisi ............................................................................................................. 32
6.8 Strategi Integrasi Vertikal ....................................................................................................................................... 32
6.9 Strategi Alihdaya (Outsourcing): Merapmpingkan Scope Operasional ............................................................ 33
6.10 Strategi Aliansi Dan Kemitraan ............................................................................................................................. 33
BAB VII
STRATEGI UNTUK BERSAING DI PASAR INTERNASIONAL .......................................................................36
7.1 Pendahuluan............................................................................................................................................................. 36
7.2 Tujuan Pembelajaran ............................................................................................................................................... 36
7.3 Mengapa Perusahaan Memutuskan Masuk Ke Pasar Global ............................................................................ 36
7.4 Mengapa Bersaing Melintasi Batas Wilayah Negara Menyebabkan Pengembangan
Strategi Menjadi Lebih Komplek ........................................................................................................................... 37
7.5 Konsep-Konsep Persaingan Multi-Domestik Dan Persaingan Global ............................................................. 37
7.6 Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memasuki Pasar Internasinal ......................................................................... 37
7.7 Bersaingan Secara Internasional: Tiga Pendekatan Strategik Utama ............................................................... 38
7.8 Pencarian Keunggulan Kompetitif di Arena Internasional ............................................................................... 38
7.9 Kantung-Kantung Sumber Keuntungan Dan Tindakan-Tindakan Strategik Lintas Negara ........................ 38
7.10 Strategi Bersaing Di Pasar Negara-Negara Berkembang.................................................................................... 38
7.11 Bertahan Terhadap Raksasa-Raksasa Global: Strategi Bagi Perusahaan Lokal............................................... 39
iv Ikatan Akuntan Indonesia