Page 11 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 11
SiStem informaSi
dan Pengendalian internal
BAB I
SEKILAS SISTEM INFORMASI
1.1 Definisi Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari dua kata yaitu sistem dan informasi, sistem yang berarti kumpulan dari
komponen-komponen yang saling berinteraksi dan memiliki tujuan yang sama, informasi, merupakan
fakta dari data yang sudah diproses yang memiliki kegunaan bagi penggunanya dalam proses pengambilan
keputusan. Secara umum sistem informasi bertujuan untuk mengumpulkan, memproses kemudian
menyebarkan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan, misalnya untuk pengambilan keputusan.
Sebagian besar sistem terdiri dari sistem-sistem yang lebih kecil yang disebut dengan subsistem, dan secara
umum setiap sistem juga berfungsi sebagai unsur pendukung dari sistem yang lebih besar. Setiap subsistem
di desain untuk mendukung satu atau lebih tujuan organisasi, setiap perubahan dalam satu sub sistem tidak
dapat dilakukan tanpa memperhitungkan dampaknya terhadap subsistem yang lain dan keseluruhan sistem.
Dalam kegiatan sehari-hari dapat saja terjadi pertentangan tujuan atau goal conflict, hal ini terjadi karena
tidak konsistennya antara tujuan yang ingin dicapai oleh satu subsistem dengan sistem yang lain maupun
DOKUMEN
sistem dalam suatu organisasi sebagai kesatuan. Sementara selain dapat terjadi goal conflict keadaan ideal
yang diperlukan dalam perusahaan atau organisasi adalah adanya goal congruence, dimana setiap subsistem
memiliki kesamaan tujuan dengan subsistem yang lain maupun organisasi secara keseluruhan.
Sumber daya manusia selalu menjadi bagian dari sistem informasi, apakah itu sebagai seseorang yang
IAI
memasukkan data, merekam, memproses atau menerima laporan dari hasil proses yang berada dalam suatu
sistem informasi. Manusia memiliki keterbatasan dalam mengolah informasi yang diterimanya dalam suatu
waktu, apabila informasi tersebut berlebih atau berada di atas batas kemampuannya maka terjadilah apa
yang disebut dengan information overload, pada saat information overload terjadi maka hal-hal yang dapat
terjadi diantaranya adalah penurunan mutu pengambilan keputusan serta kenaikan biaya dalam penyediaan
informasi. Sistem informasi pada dasarnya memiliki banyak komponen, salah satunya adalah teknologi
informasi, yang dapat digunakan untuk melakukan penyaringan dan pemampatan data serta pengolahan
data dengan lebih efisien. Dalam penyediaan informasi terutama dalam hal efisiensi perlu di hitung
apa yang disebut dengan value of information, dalam value of information diperhitungkan manfaat atau
benefit informasi dikurangi dengan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan informasi tersebut.
Manfaat atau benefit dari informasi adalah berkurangnya ketidakpastian, meningkatnya kualitas keputusan,
peningkatan kemampuan untuk merencanakan dan menjadwalkan kegiatan. Sementara untuk biaya-biaya
untuk menghasilkan informasi adalah: waktu dan sumberdaya yang dihabiskan untuk menghasilkan
informasi. Biaya dan manfaat dari suatu informasi bukanlah hal yang mudah untuk di kuantifisir, dan sulit
untuk menetapkan manfaat dari suatu informasi sebelum informasi itu dihasilkan dan digunakan.
Karakteristik dari informasi yang berguna dan memiliki arti adalah: relevan (relevant), andal (reliable),
lengkap (complete), tepat waktu (timely), dapat dimengerti (understandable), dapat diverifikasi (verifiable)
dan dapat digunakan/diakses (accessible). Karakteristik relevan (relevant) dari informasi artinya informasi
tersebut dapat mengurangi ketidakpastian, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan, atau
dapat mengkonfirmasi dan memperbaiki ekspektasi yang dibuat sebelumnya, keandaalan (reliable) artinya
informasi yang ada bebas dari galat (error) atau bias dan secara akurat merepresentasikan kejadian-kejadian
yang ada dalam organisasi maupun aktivitas. Karakteristik lengkap (complete) artinya informasi yang ada
tidak meninggalkan aspek-aspek penting dari suatu kejadian atau aktivitas yang diukurnya. Tepat waktu
(timely) artinya informasi tersedia pada saat diperlukan oleh pengguna untuk pengambilan keputusan. Dapat
2 Ikatan Akuntan Indonesia