Page 132 - Modul Pengantar Fikih Muamalah
P. 132

BAB 5 UNSUR-UNSUR AKAD

               A.    PILIHAN GANDA

                       1.    C. Wa’d

                       2.    A. Akad
                       3.    B. Saksi

                       4.    D. Barang tersebut jelas keberadaannya, sifatnya dapat diketahui dan dapat diserahkan
                       5.    B. Tabarru

                       6.    D. Hambali
                       7.    C. Dengan pikiran

                       8.    D. Ijarah muntahiya bittamlik

                       9.    A. Khiyar Syarat
                       10.   A. Tercapai tujuannya dan fasakh/ selesai waktunya



               B.    ESAI
                       1.    1.   Khiyar Majlis,  yaitu hak ‘Aqidain untuk memilih untuk meneruskan atau

                                  mengakhiri akad sepanjang keduannya belum berpisah. Namun Khiyar ini
                                  hanya berlaku pada akad jual beli dan sewa Ijarah. Tetapi Fuqaha Hanafiyah

                                  dan  Malikiyah  menyangkal  Khiyar  jenis  ini.  Karena  akad  yang  telah
                                  sempurna dan bersifat Lazim (pasti) didasarkan pada keridhaan kedua belah

                                  pihak yang sudah melakukan Ijab Qabul.

                            2.   Khiyar Ta’yin, yaitu hak yang pembeli untuk memastikan benda yang sejenis
                                  dan  sama  harganya  seperti  jual-beli,  hal  ini  merupakan  konsep  Fuqaha

                                  Hanafi. Sedangkan Imam Syafi’i dan Ahmad ibn Hambal tidak sependapat
                                  dengan konsep tersebut dengan alasan salah satu syarat objek akad harus

                                  jelas,  akan  tetapi  menurut  fuqaha  Mazhab  Hanafiyah  keabsahan  Khiyar
                                  Ta’yin harus mencakup tiga syarat. Antara lain:

                                  a.    Maksimal berlaku pada tiga pilihan obyek.

                                  b.    Sifat dan nilai benda harus setara.
                                  c.    Tenggang waktu tidak lebih dari tiga hari.

                            3.   Khiyar  Syarat  yaitu  hak  ‘Aqidain  untuk  melangsungkan  atau  mengakhiri
                                  selama  batas  waktu  tertentu  yang  dipersyaratkan  pada  waktu  akad

                                  berlangsung. Berakhirnya khiyar syarat adalah sebagai berikut:




               128 | MODUL USAS PENGANTAR FIKIH MUAMALAH
   127   128   129   130   131   132   133   134