Page 11 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 11
disebut sebagai biaya persediaan (inventoriable cost). Contoh, kertas
karton untuk produksi karton kemasan.
(b) Biaya periodik adalah seluruh biaya yang tidak termasuk sebagai biaya
produk, yang mana biaya ini akan diperhitungkan dengan pendapatan
penjualan dalam laporan laba rugi berdasarkan periode terjadinya. Beban
pemasaran, serta beban administrasi dan umum termasuk sebagai biaya
periodik karena biaya tersebut tidak terlibat langsung dalam proses
produksi, tetapi terjadi pada saat penjualan dilakukan, sehingga dua jenis
biaya ini dilaporkan dalam laporan laba rugi pada periode terjadinya
pendapatan penjualan. Oleh karena biaya periodik tidak boleh
dimasukkan sebagai elemen biaya persediaan, sehingga seringkali
disebut sebagai non inventoriable cost.
DOKUMEN
D. Klasifikasi Biaya untuk Perencanaan dan Pengambilan Keputusan
Aktivitas pengambilan keputusan adalah proses pemilihan dari berbagai alternatif
IAI
yang ada. Setiap alternatif memiliki konsekuensi biaya dan manfaat yang harus
diperbandingkan dengan biaya dan manfaat yang akan diperoleh dari alternatif lain
yang tersedia. Berikut klasifikasi biaya untuk pengambilan keputusan manajemen:
(1) Biaya relevan adalah biaya yang akan terjadi di masa yang akan datang dan
memiliki perbedaan dengan berbagai alternatif keputusan. Kriteria suatu
barang dikatakan sebagai biaya relevan adalah
(a) akan terjadi dan
(b) memiliki perbedaan oleh karena itu, dalam pengambilan keputusan harus
mempertimbangkan dua kriteria tersebut.
Beberapa jenis biaya yang tergolong biaya relevan yaitu, biaya diferensial
(differential cost), biaya kesempatan (opportunity cost), biaya tunai (out of
pocket cost) dan biaya terhindarkan (avoidable cost).
(2) Biaya tidak relevan adalah biaya yang tidak mempengaruhi aktivitas
pengambilan keputusan. Beberapa jenis biaya yang tergolong biaya tidak
relevan, yaitu biaya tertanam (sunk cost) dan biaya masa lalu (historical cost).
6