Page 189 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 189
BAB 10
PENENTUAN BIAYA KUALITAS
Pendahuluan
Mengelola kualitas adalah penting agar dapat mengelola biaya-biaya dan nilai
pelanggan. Bab ini membahas bagaimana menyiapkan laporan biaya kualitas serta
bagaimana menganalisis laporan biaya kualitas.
Tujuan Pembelajaran
1. Menyiapkan laporan biaya kualitas
2. Menganalisis laporan biaya kualitas
DOKUMEN
A. Penentuan Biaya Kualiatas: Pengukuran dan Pengendalian
(1) Pengertian Kualitas
Dalam banyak organisasi, kualitas diartikan sebagai produk atau jasa yang
IAI
memenuhi keinginan dan harapan pelanggan. Terdapat dua konsep yang harus
dipertimbangkan dalam pemenuhan keinginan pelanggan tersebut:
(a) Kualitas desain/kualitas produk atau jasa (quality of design/quality
product or service): suatu ukuran dimana spesifikasi desain dari suatu
produk memenuhi harapan pelanggan.
Contoh:
Sebuah pintu yang didesain dengan pegangan pintu yang terlalu kecil
untuk ukuran tangan normal, akan dianggap memiliki kualitas desain
yang buruk.
(b) Kualitas kesesuaian (quality of conformance): suatu ukuran tentang
bagaimana suatu produk memenuhi spesifikasi desainnya.
Contoh:
Suatu pintu dengan pegangan pintu yang ukurannya tepat mungkin telah
didesain dengan baik, tetapi jika pegangan tersebut patah karena proses
produksi yang buruk akan menjadi tidak bisa dipakai. Pegangan pintu
184