Page 190 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 190

tersebut dikatakan memiliki kualitas kesesuaian yang buruk karena tidak

                                   sesuai dengan spesifikasi desainnya.


                                   Bagaimana  kaitan  kualitas  dengan  nilai  pelanggan?  Perusahaan  harus
                                   dapat mendesain produk yang memenuhi harapan pelanggan – kualitas

                                   desain – dan kemudian melaksanakan proses untuk memastikan bahwa

                                   spesifikasi desain dipenuhi – kualitas kesesuaian. Sehingga, pemahaman
                                   menyeluruh atas nilai pelanggan sangat penting agar dapat menyediakan

                                   produk yang memiliki kualitas terbaik kepada pelanggan.


                             (2)  Definisi Biaya Kualitas


                               DOKUMEN
                                   Biaya  kualitas  adalah  biaya-biaya  yang  timbul  karena  kualitas  yang
                                   buruk  mungkin  atau  memang  terjadi.  Dari  definisi  dapat  disimpulkan

                                   bahwa biaya kualitas terkait dengan dua subkategori dari aktivitas yang

                                   terkait kualitas (quality-related activities):
                                                     IAI
                                   (a)  Aktivitas pengendalian (Control activities): dilakukan perusahaan

                                         untuk  mencegah  atau  mendeteksi  kualitas  yang  buruk  (karena

                                         kualitas  yang  buruk  mungkin  terjadi).  Terdiri  dari  aktivitas
                                         pencegahan  (prevention  activities)  dan  aktivitas  penilaian

                                         (appraisal activities). Atas aktivitas pengendalian ini, timbul biaya
                                         pengendalian (control costs).

                                   (b)  Aktivitas kegagalan (Failure activities): dilakukan oleh perusahaan
                                         atau pelanggan perusahaan sebagai tanggapan atas kualitas yang

                                         buruk (kualitas yang buruk memang terjadi). Jika tanggapan atas

                                         kualitas yang buruk tersebut terjadi sebelum pengiriman produk
                                         yang  buruk  tersebut  ke  pelanggan,  aktivitas  tersebut

                                         diklasifikasikan  sebagai  aktivitas  kegagalan  internal  (internal
                                         failure activities). Sebaliknya, jika tanggapan atas  kualitas  yang

                                         buruk  dilakukan  setelah  produk  dikirim  ke  pelanggan,  maka
                                         dinamakan  aktivitas  kegagalan  eksternal  (external  failure





                                                              185
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195