Page 190 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 190
tersebut dikatakan memiliki kualitas kesesuaian yang buruk karena tidak
sesuai dengan spesifikasi desainnya.
Bagaimana kaitan kualitas dengan nilai pelanggan? Perusahaan harus
dapat mendesain produk yang memenuhi harapan pelanggan – kualitas
desain – dan kemudian melaksanakan proses untuk memastikan bahwa
spesifikasi desain dipenuhi – kualitas kesesuaian. Sehingga, pemahaman
menyeluruh atas nilai pelanggan sangat penting agar dapat menyediakan
produk yang memiliki kualitas terbaik kepada pelanggan.
(2) Definisi Biaya Kualitas
DOKUMEN
Biaya kualitas adalah biaya-biaya yang timbul karena kualitas yang
buruk mungkin atau memang terjadi. Dari definisi dapat disimpulkan
bahwa biaya kualitas terkait dengan dua subkategori dari aktivitas yang
terkait kualitas (quality-related activities):
IAI
(a) Aktivitas pengendalian (Control activities): dilakukan perusahaan
untuk mencegah atau mendeteksi kualitas yang buruk (karena
kualitas yang buruk mungkin terjadi). Terdiri dari aktivitas
pencegahan (prevention activities) dan aktivitas penilaian
(appraisal activities). Atas aktivitas pengendalian ini, timbul biaya
pengendalian (control costs).
(b) Aktivitas kegagalan (Failure activities): dilakukan oleh perusahaan
atau pelanggan perusahaan sebagai tanggapan atas kualitas yang
buruk (kualitas yang buruk memang terjadi). Jika tanggapan atas
kualitas yang buruk tersebut terjadi sebelum pengiriman produk
yang buruk tersebut ke pelanggan, aktivitas tersebut
diklasifikasikan sebagai aktivitas kegagalan internal (internal
failure activities). Sebaliknya, jika tanggapan atas kualitas yang
buruk dilakukan setelah produk dikirim ke pelanggan, maka
dinamakan aktivitas kegagalan eksternal (external failure
185