Page 192 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 192

beroperasi  disebabkan  adanya  kerusakan  (downtime)  dan  biaya

                                         perubahan desain.
                                   (d)  Biaya kegagalan eksternal (external failure cost)


                                         Adalah  biaya-biaya  yang  terjadi  karena  produk  dan  jasa  tidak

                                         sesuai  dengan spesifikasi  atau tidak dapat  memenuhi  keinginan
                                         pelanggan setelah produk atau jasa tersebut dikirim ke pelanggan.

                                         Dari  seluruh  biaya  kualitas,  kelompok  biaya  ini  dapat  menjadi

                                         biaya yang paling besar bagi perusahaan. Contoh, biaya penarikan
                                         produk  dari  peredaran,  biaya  kehilangan  penjualan  karena

                                         performa produk yang buruk, biaya jaminan, biaya reparasi, biaya
                                         kehilangan  pangsa  pasar,  dan  biaya  ketidakpuasan  pelanggan.

                               DOKUMEN
                                         Seperti biaya kegagalan internal, biaya ini akan hilang jika tidak
                                         ada peroduk yang rusak.

                                         Berikut adalah rangkuman empat kategori biaya kualitas beserta

                                         contohnya.
                                                     IAI
                                         Tabel 10.1 Contoh Biaya Kualitas berdasarkan Kategori

                                           Biaya Pencegahan                 Biaya Penilaian (Deteksi)

                                           Rekayasa  kualitas,  pelatihan  Inpseksi     Bahan      baku,
                                           tentang  kualitas,  perekrutan,  inspeksi        pengepakan,

                                           audit  kualitas,  review  desain,  keberterimaan      produk,
                                           lingkaran    kualitas,    riset  keberterimaan  proses,  uji

                                           pemasaran, inspeksi prototype,  lapangan,           verifikasi
                                           sertifikasi vendor.              keberlanjutan pemasok

                                           Biaya Kegagalan Internal         Biaya Kegagalan Eksternal

                                           Sisa,    pengerjaan     ulang,  Kehilangan penjualan (terkait
                                           downtime  (terkait  kerusakan),  performa       produk/jasa),

                                           inspeksi   ulang,   pengujian  retur/pengurangan       harga,

                                           ulang,   perubahan     desain,  jaminan,     diskon    karena
                                           reparasi                         produk    rusak,   penarikan

                                                                            kembali     produk      dari




                                                              187
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197