Page 191 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 191

activities).  Biaya-biaya  yang  terjadi  dalam  perusahaan  karena

                                         aktivitas kegagalan disebut dengan biaya kegagalan (failure cost).


                                   Dari  definisi  aktivitas  yang  terkait  kualitas  (quality-related  activities)
                                   didapat empat jenis biaya kualitas:

                                   (a)  Biaya pencegahan (prevention cost)
                                         Adalah biaya-biaya yang timbul dalam rangka mencegah adanya

                                         produk  dengan  kualitas  yang  buruk  dan  untuk  meminimalisir

                                         aktivitas  penilaian.  Dengan  meningkatnya  biaya  pencegahan,
                                         diharapkan  biaya  kegagalan  akan  menurun.  Contoh  biaya

                                         pencegahan:  biaya  rekayasa  kualitas,  biaya  program  pelatihan
                                         kualitas, dan biaya perencanaan kualitas.

                               DOKUMEN
                                   (b)  Biaya penilaian/Deteksi (appraisal/detection cost)
                                         Adalah biaya-biaya yang timbul untuk menentukan apakah produk

                                         atau jasa yang dihasilkan telah sesuai dengan spesifikasi yang telah

                                         ditentukan atau sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tujuan utama
                                                     IAI
                                         fungsi penilaian adalah untuk mencegah adanya produk yang tidak

                                         sesuai  dengan  spesifikasi  atau  kebutuhan  pelanggan  terkirim  ke

                                         pelanggan. Contoh biaya penilaian: biaya inspeksi dan pengujian
                                         bahan  baku,  biaya  inspeksi  pengemasan,  biaya  pengukuran

                                         peralatan,  biaya  keberterimaan  produk  dan  biaya  keberterimaan
                                         proses.

                                         Biaya keberterimaan produk (product acceptance cost)
                                   (c)  Biaya kegagalan internal (internal failure cost)

                                         Adalah  biaya-biaya  yang  timbul  karena  produk  atau  jasa  tidak

                                         sesuai   dengan    spesifikasi   atau   keinginan    pelanggan.
                                         Ketidaksesuaian ini diketahui pada saat penilaian produk, sebelum

                                         produk  dikirim  ke  pihak  luar.  Biaya-biaya  ini  hilang  jika  tidak
                                         terdapat produk cacat. Contoh biaya-biaya ini adalah biaya inspeksi

                                         ulang,  biaya  pengerjaan  ulang  (rework),  biaya  pengujian  ulang,
                                         biaya  waktu  yang  hilang  karena  suatu  peralatan  tidak  dapat





                                                              186
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196