Page 193 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 193
peredaran, pemrosesan
komplain pelanggan, marjin
kontribusi yang hilang atas
penjualan saat ini dan masa
depan.
Sumber: Hansen, Mowen, Guan (2009)
(3) Pengukuran Biaya Kualitas
Biaya kualitas juga dapat diklasifikasikan menjadi biaya kualitas yang
dapat diobservasi (observable quality costs) dan biaya kualitas
tersembunyi (hidden quality costs). Biaya kualitas yang dapat
diobservasi adalah biaya-biaya yang tersedia dari catatan akuntansi
DOKUMEN
perusahaan. Sedangkan biaya kualitas tersembunyi adalah biaya
kesempatan (opportunity costs) yang dihasilkan dari kualitas yang buruk.
Semua biaya dalam tabel 10.1 di atas adalah biaya kualitas yang dapat
IAI
diobservasi, kecuali biaya kehilangan penjualan, marjin kontribusi yang
hilang atas penjualan saat ini dan masa depan, biaya ketidakpuasan
pelanggan dan kehilangan pangsa pasar.
Sedangkan biaya kualitas tersembunyi adalah semua biaya dalam
kelompok biaya kegagalan eksternal. Memasukkan biaya kualitas
tersembunyi dalam menilai jumlah biaya kegagalan eksternal akan
membuat manajemen menjadi lebih akurat dalam menentukan tingkat
sumber daya yang dikeluarkan untuk aktivitas pencegahan dan penilaian.
Dengan kata lain, dengan makin tingginya biaya kegagalan, diharapkan
manajemen akan meningkatkan biaya pengendalian. Seluruh biaya
kualitas tersembunyi bisa menjadi signifikan sehingga harus diestimasi.
188