Page 193 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 193

peredaran,       pemrosesan

                                                                            komplain  pelanggan,  marjin

                                                                            kontribusi  yang  hilang  atas
                                                                            penjualan  saat  ini  dan  masa

                                                                            depan.
                        Sumber: Hansen, Mowen, Guan (2009)


                             (3)  Pengukuran Biaya Kualitas

                                   Biaya kualitas juga dapat diklasifikasikan menjadi biaya kualitas yang

                                   dapat  diobservasi  (observable  quality  costs)  dan  biaya  kualitas
                                   tersembunyi  (hidden  quality  costs).  Biaya  kualitas  yang  dapat

                                   diobservasi  adalah  biaya-biaya  yang  tersedia  dari  catatan  akuntansi
                               DOKUMEN
                                   perusahaan.  Sedangkan  biaya  kualitas  tersembunyi  adalah  biaya

                                   kesempatan (opportunity costs) yang dihasilkan dari kualitas yang buruk.
                                   Semua biaya dalam tabel 10.1 di atas adalah biaya kualitas yang dapat
                                                     IAI
                                   diobservasi, kecuali biaya kehilangan penjualan, marjin kontribusi yang

                                   hilang  atas  penjualan  saat  ini  dan  masa  depan,  biaya  ketidakpuasan
                                   pelanggan dan kehilangan pangsa pasar.



                                   Sedangkan  biaya  kualitas  tersembunyi  adalah  semua  biaya  dalam
                                   kelompok  biaya  kegagalan  eksternal.  Memasukkan  biaya  kualitas

                                   tersembunyi  dalam  menilai  jumlah  biaya  kegagalan  eksternal  akan
                                   membuat  manajemen menjadi  lebih akurat  dalam  menentukan tingkat

                                   sumber daya yang dikeluarkan untuk aktivitas pencegahan dan penilaian.
                                   Dengan kata lain, dengan makin tingginya biaya kegagalan, diharapkan

                                   manajemen  akan  meningkatkan  biaya  pengendalian.  Seluruh  biaya

                                   kualitas tersembunyi bisa menjadi signifikan sehingga harus diestimasi.









                                                              188
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198