Page 65 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 65
(iii) Data biaya marjinal adalah data yang dibutuhkan manajer dalam
pembuatan banyak keputusan, seperti keputusan untuk menerima
pesanan khusus atau tidak. Dalam hal ini, biaya marjinal adalah
biaya yang relevan untuk dipertimbangkan dalam keputusan
semacam itu.
Kelemahan pendekatan ini adalah seperti yang telah disebutkan
sebelumnya, yaitu adanya kekhawatiran bahwa manajer akan
menetapkan harga yang terlalu rendah untuk produk karena dasar yang
digunakan terlalu kecil. Seperti dapat dilihat pada contoh di atas, total
biaya marjinal (Rp45.000) dan biaya produksi marjinal (Rp40.000) jauh
lebih kecil daripada total biaya (Rp80.000) dan total biaya produksi
(Rp65.000).
DOKUMEN
(e) Penentuan komponen mark-up
Informasi penting lain yang diperlukan dalam penetapan harga
IAI
berdasarkan biaya adalah menentukan komponen mark-up. Ukuran yang
banyak digunakan sebagai dasar perhitungan mark-up adalah target
return on investment (ROI).
Untuk mengilustrasikan penggunaan ROI, kita akan meneruskan contoh
PT Selalu Senang di atas. Kali ini perusahaan memiliki rencana untuk
memproduksi 480 unit produk selama tahun 2018. Berdasarkan
informasi di atas, rencana produksi tersebut akan memunculkan struktur
biaya seperti ini:
Biaya marjinal:
Biaya produksi Rp1.920.000
Biaya penjualan dan administrasi 240.000
Total biaya marjinal Rp2.160.000
Biaya tetap:
Biaya produksi Rp1.200.000
Biaya penjualan dan administrasi 480.000
60