Page 99 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 99
dalam angka alokasi tersebut. Keuntungan penganggaran top-down adalah
waktu yang diperlukan untuk menyusun anggaran menjadi lebih pendek karena
yang terlibat hanya manajemen tingkat atas. Namun demikian, karena yang
menyusun anggaran tidak terlibat dalam kegiatan operasional, hasil dari
anggaran ini bisa jadi tidak mencerminkan kebutuhan spesifik yang diperlukan.
Hal ini dapat menjadi masalah bagi departemen yang pada akhirnya harus
mencari sumber daya seperti yang disebutkan dalam anggaran.
(2) Struktur berdasarkan aktivitas, berdasarkan responsibilitas dan
berdasarkan produk
Struktur organisasi merupakan susunan garis pertanggungjawaban dalam
organisasi. Terdapat beberapa cara untuk membagi struktur organisasi, yaitu
DOKUMEN
berdasarkan aktivitas, berdasarkan responsibilitas, dan berdasarkan produk.
Struktur organisasi berdasarkan aktivitas akan membagi departemen dalam
perusahaan sesuai dengan fungsi yang dijalankan oleh departemen tersebut.
IAI
Contohnya riset dan pengembangan, desain, produksi, distribusi, pemasaran,
dan lain sebagainya. Setiap departmen menjalankan aktivitas yang berbeda-
beda dan saling mendukung satu sama lain dalam penciptaan produk atau jasa
kepada pelanggan. Sementara struktur organisasi berdasarkan produk akan
membagi departemennya berdasarkan produk yang dibuat, contohnya Divisi
Tas, Divisi Dompat, dan lain-lain. Dalam struktur ini, manajer tiap divisi
memiliki otoritas untuk membuat keputusan terhadap seluruh aktivitas yang
terlibat dalam pembuatan produk atau jasa divisi tersebut (aktivitas produksi,
pemasaran, dan lain sebagainya).
Dalam struktur organisasi berdasarkan responsibilitas, tiap manajer (untuk
tingkatan apapun) akan bertanggung jawab atas sebuah pusat responsibilitas
(responsibility center). Pusat responsibilitas adalah bagian, segmen, atau sub-
unit dari organisasi dimana manajernya memiliki tangung jawab atas aktivitas
tertentu. Terdapat empat tipe pusat responsibilitas, yaitu:
94