Page 99 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 99

dalam  angka  alokasi  tersebut.  Keuntungan  penganggaran  top-down  adalah

                             waktu yang diperlukan untuk menyusun anggaran menjadi lebih pendek karena
                             yang terlibat hanya manajemen tingkat atas. Namun demikian, karena yang

                             menyusun  anggaran  tidak  terlibat  dalam  kegiatan  operasional,  hasil  dari
                             anggaran ini bisa jadi tidak mencerminkan kebutuhan spesifik yang diperlukan.

                             Hal  ini  dapat  menjadi  masalah  bagi  departemen  yang  pada  akhirnya  harus

                             mencari sumber daya seperti yang disebutkan dalam anggaran.


                        (2)  Struktur  berdasarkan  aktivitas,  berdasarkan  responsibilitas  dan

                             berdasarkan produk
                             Struktur  organisasi  merupakan  susunan  garis  pertanggungjawaban  dalam

                             organisasi. Terdapat beberapa cara untuk membagi struktur organisasi, yaitu
                               DOKUMEN
                             berdasarkan  aktivitas,  berdasarkan  responsibilitas,  dan  berdasarkan  produk.

                             Struktur  organisasi  berdasarkan  aktivitas  akan  membagi  departemen  dalam
                             perusahaan sesuai dengan fungsi  yang dijalankan oleh departemen tersebut.
                                                     IAI
                             Contohnya riset dan pengembangan, desain, produksi, distribusi, pemasaran,

                             dan lain sebagainya. Setiap departmen menjalankan aktivitas yang berbeda-
                             beda dan saling mendukung satu sama lain dalam penciptaan produk atau jasa

                             kepada  pelanggan.  Sementara  struktur  organisasi  berdasarkan  produk  akan
                             membagi departemennya berdasarkan produk yang dibuat, contohnya Divisi

                             Tas,  Divisi  Dompat,  dan  lain-lain.  Dalam  struktur  ini,  manajer  tiap  divisi
                             memiliki otoritas untuk membuat keputusan terhadap seluruh aktivitas yang

                             terlibat dalam pembuatan produk atau jasa divisi tersebut (aktivitas produksi,

                             pemasaran, dan lain sebagainya).


                             Dalam  struktur  organisasi  berdasarkan  responsibilitas,  tiap  manajer  (untuk

                             tingkatan apapun) akan bertanggung jawab atas sebuah pusat responsibilitas
                             (responsibility center). Pusat responsibilitas adalah bagian, segmen, atau sub-

                             unit dari organisasi dimana manajernya memiliki tangung jawab atas aktivitas
                             tertentu. Terdapat empat tipe pusat responsibilitas, yaitu:






                                                               94
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104