Page 96 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 96

Tabel 6.8 Anggaran Biaya Non Produksi

                                               Untuk tahun yang berakhir 31 Desember 20X8

                          Komponen biaya             Biaya marjinal    Biaya tetap        Total
                          Biaya desain produk        Rp0               Rp75.000.000       Rp75.000.000

                          Biaya pemasaran            Rp108.750.000     Rp45.000.000       Rp153.750.000
                          Biaya distribusi           Rp0               Rp80.000.000       Rp80.000.000

                          Total                                                           Rp308.750.000


                        Informasi pada tabel 6.1, 6.7, dan 6.8 akan digunakan untuk menyusun anggaran laba

                        rugi, sebagai berikut:
                                                 Tabel 6.9 Anggaran Laba Rugi


                               DOKUMEN
                                         Untuk Tahun Yang Berakhir 31 Desember 20X8
                         Penjualan                         Tabel 6.1         Rp2.175.000.000

                         Beban pokok penjualan             Tabel 6.7         (Rp1.072.925.000)

                         Laba kotor                                          Rp1.102.075.000
                         Biaya non produksi          IAI                     Rp308.750.000
                                                           Tabel 6.8


                        E.   Menyiapkan Perkiraan Keuangan
                        Penganggaran merupakan aktivitas yang melibatkan banyak fungsi dalam organisasi.

                        Sebelum anggaran dibuat, masing-masing divisi akan memberikan data perkiraan
                        keuangan  yang  diestimasikan  terjadi  pada  periode  anggaran.  Perkiraan  keuangan

                        didapatkan  tidak  hanya  berdasarkan  pengalaman  masa  lalu,  namun  juga  harus
                        mempertimbangan berbagai aspek, seperti estimasi masa depan dan juga benchmark.

                        Contohnya bagian pemasaran akan melakukan estimasi unit yang akan terjual beserta

                        harga jual berdasarkan ekspektasi kondisi ekonomi dan kebutuhan pelanggan. Bagian
                        produksi akan menggunakan informasi ini untuk memperkirakan jumlah unit yang

                        harus diproduksi  beserta kebutuhan bahan baku  serta input lain  yang dibutuhkan
                        untuk mendukung produksi pada periode anggaran. Manajer tidak hanya fokus untuk

                        mencapai apa yang diestimasikan, namun juga harus mengidentifikasi risiko yang
                        mungkin terjadi, seperti penurunan permintaan pasar, masuknya pesaing baru, atau



                                                               91
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101