Page 123 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 123
B. Pemesanan/Penerimaan Pesanan Penjualan
Siklus pendapatan dimulai dengan menerima pesanan dari para pelanggan. Proses
penerimaan pesanan penjualan, melalui 3 langkah, yaitu mengambil pesanan pelanggan,
mengecek dan menyetujui kredit pelanggan, dan mengecek ketersediaan barang.
(1) Mengambil Pesanan Pelanggan
Data pesanan penjualan dicatat dalam sebuah dokumen pesanan penjualan (sales
order), biasanya berbentuk formulir elektronik yang ditampilkan di layar monitor
komputer. Seiring berkembangnya teknologi, maka pelanggan saat ini lebih banyak
menginput datanya sendiri baik melalui web yang telah disediakan perusahaan atau
melalui electronic data interchange (EDI). EDI adalah penggunaan media komunikasi
terkomputerisasi untuk mengirimkan dokumen bisnis secara elektronik dalam sebuah
format yang dapat diproses secara otomatis oleh sistem informasi penerima.
Teknik input data pesanan melalui web dan EDI tersebut meningkatkan efisiensi
DOKUMEN
dengan mengeliminasi kebutuhan keterlibatan manusia dalam proses input pesanan
penjualan. Selain memotong biaya, fasilitas web juga menyediakan peluang
peningkatan penjualan. Salah satu teknik yang digunakan oleh banyak online retail
IAI
adalah menggunakan history penjualan untuk membuat penawaran yang disesuaikan
dengan pelanggan dan data penjualan sebelumnya ke pelanggan tersebut. Sebagai
contoh, setiap kali pelanggan Amazon.com memilih sebuah buku, web akan
menyarankan buku lainnya yang terkait dengan pembelian sebelumnya.
Teknik input data pemesanan melalui web dan EDI ini dapat membantu meningkatkan
arus kas perusahaan melalui 2 cara, yaitu:
a) Pertama, karena banyak penjualan dibangun melalui proses pemesanan yang
efisien dan sedikit modal kerja untuk penyediaan persediaan barang jadi dengan
jumlah yang minimal.
b) Kedua, model pemesanan ini memungkinkan perusahaan mengumpulkan
pendapatan diterima dimuka dan bahkan sebelum harus membayar ke pemasok.
(2) Mengecek dan Menyetujui Kredit Pelanggan
Untuk memenangkan persaingan di pasar dan mempertahankan loyalitas pelanggan,
sebagian besar penjualan Business to Business dibuat secara kredit. Pemeriksaan dan
116