Page 127 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 127

mengeluarkan  dari  gudang  sesuai  dengan  kuantitas  yang  dipesan.  Bagian  gudang

                     mencatat kuantitas barang  yang benar-benar akan dikirimkan ke pelanggan di  dalam
                     picking ticket.


                     Saat  ini  banyak  perusahaan  menerapkan  otomatisasi  dengan  berinvestasi  teknologi

                     untuk mengurangi waktu dan biaya untuk memindahkan barang persediaan ke gudang
                     maupun  ke  luar  gudang,  serta  untuk  meningkatkan  ketepatan  sistem  persediaan

                     perpetual.  Sistem  gudang  yang  otomatis  tidak  hanya  akan  memangkas  waktu  dan

                     meningkatkan efisiensi dalam penanganan persediaan, tetapi juga memungkinkan lebih
                     banyak pengiriman responsif ke pelanggan.



               (2)  Mengirimkan Pesanan
                     Departemen pengiriman seharusnya membandingkan perhitungan fisik persediaan yang

                     akan dikirim dengan kuantitas yang tercatat di dalam picking ticket dan dokumen sales
                               DOKUMEN
                     order. Selanjutnya mengupdate master file persediaan untuk barang yang akan dikirim

                     tersebut, yang menghasilkan dokumen packing slip dan bill of lading.

                                                     IAI
                     Packing slip mencantumkan jumlah dan deskripsi setiap barang yang disertakan dalam

                     pengiriman. Bill of lading adalah sebuah kontrak hukum yang menjelaskan tanggung
                     jawab atas barang in transit. Di dalam bill of lading juga tercantum informasi kurir, asal

                     barang,  tujuan,  perintah  pengiriman  khusus  (jika  ada),  dan  pembebanan  biaya
                     pengiriman.


               Berikut  pada  tabel  10.2  akan  diuraikan  mengenai  risiko  yang  mungkin  terjadi  di  dalam

               aktivitas pengiriman barang, pengendalian terhadap risiko yang diidentifikasi, dan pengujian

               pengendaliannya.












                                                           120
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132