Page 124 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 124

analisis  kredit  tidak  perlu  dilakukan  secara  detail  untuk  pelanggan  yang  sudah  ada

                     history payment yang baik.


                     Persetujuan  kredit  membutuhkan  pengecekan  master  file  pelanggan  untuk
                     mengidentifikasi  batasan  kredit  (credit  limit)  pelanggan  dan  memverifikasi  bahwa

                     jumlah  pesanan  baru  tidak  melebihi  saldo  piutangnya.  Credit  limit  adalah  saldo
                     rekening kredit maksimum yang diijinkan bagi setiap pelanggan, dimana batasan kredit

                     tersebut  ditentukan  berdasarkan  sejarah  kredit  masa  lalu  dan  kemampuan  untuk

                     membayar. Manajer kredit bertanggung jawab untuk menentukan kebijakan kredit dan
                     menyetujui  perpanjangan  kredit,  peningkatan  batas  kredit.  Persetujuan  kredit  harus

                     dilakukan sebelum barang keluar dari gudang dan dikirimkan kepada pelanggan.


                     Pengawasan  atas  piutang  pelanggan  yang  sudah  berjalan  sangat  penting  untuk

                     meminimalkan  risiko  piutang  tidak  tertagih.  Laporan  yang  berguna  untuk  memantau
                               DOKUMEN
                     piutang  adalah  laporan  umur  piutang  (account  receivable  aging  report),  dimana

                     laporan  tersebut  mencantumkan  saldo  rekening  pelanggan  berdasarkan  umur  piutang
                     dan piutang yang jatuh tempo. Laporan tersebut juga berguna untuk memproyeksikan
                                                     IAI
                     arus  kas  masuk  terkait  penjualan  di  masa  yang  akan  datang,  memutuskan  untuk

                     meningkatkan  batas  kredit  bagi  pelanggan  tertentu,  dan  untuk  mengestimasi  piutang
                     yang tidak tertagih.


               (3)  Mengecek Ketersediaan Barang

                     Selain mengecek kredit seorang pelanggan, juga perlu mengetahui apakah barang yang
                     dipesan  tersedia  dan  mencukupi,  sehingga  pelanggan  dapat  mengetahui  tanggal

                     pengiriman  yang  diharapkan.  Dokumen  persediaan  menunjukkan  informasi  kuantitas

                     barang on-hand dan kuantitas barang yang sudah dipesan.


                     Jika  persediaan  tersedia  cukup  untuk  memenuhi  pesanan  pelanggan,  maka  barang

                     tersebut akan dikirimkan ke bagian pengiriman untuk dikirimkan kepada pelanggan dan
                     sekaligus dilakukan update database persediaan. Jika persediaan tidak mencukupi atau

                     tidak tersedia untuk memenuhi pesanan pelanggan, maka pemesanan kembali (back
                     order)  akan  dilakukan.  Back  order  adalah  sebuah  dokumen  yang  mengotorisasi



                                                           117
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129