Page 170 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 170
D. Memberhentikan karyawan karena penghentian secara sukarela maupun tidak
6. Apresiasi yang diberikan kepada karyawan bagian marketing/sales berdasarkan jumlah
produk yang berhasil dijualnya disebut:
A. Upah
B. Bonus
C. Komisi
D. Tunjangan
7. Kemanakah seharusnya cek gaji yang tidak diakui atau diklaim dikembalikan?
A. Departemen MSDM
B. Departemen Penggajian
C. Departemen Akuntansi
D. Kasir
8. Dokumen-dokumen di bawah ini menjadi dasar untuk menghitung gaji/upah, komisi,
bonus atau insentif lainnya, kecuali:
DOKUMEN
A. Daftar presensi
B. Bill of lading
C. Time Card
IAI
D. Laporan Pencapaian Penjualan
9. Berikut ini adalah tanggung jawab dari departemen penggajian:
A. Persetujuan/otorisasi catatan waktu karyawan
B. Mendistribusikan cek atau melakukan transfer pembayaran gaji karyawan
C. Memelihara master file karyawan, memperhitungkan gaji, menyetorkan dan
melaporkan pemungutan pajak penghasilan
D. Melakukan posting ke buku besar terkait aktivitas pembayaran gaji
10. Berikut ini adalah pengendalian yang diterapkan untuk meminimalkan risiko pencatatan
data kehadiran dan waktu kerja yang tidak akurat, kecuali:
A. Pembatasan akses fisik terhadap cek penggajian dan akses sistem penggajian
B. Sumber data yang diotomatisasi untuk capture data
C. Adanya prosedur yang mewajibkan validasi dan review data kehadiran/jam kerja
oleh masing-masing manajer
D. Menggunakan biometric authentification, seperti finger print
163