Page 29 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 29

Dalam  tata  kelola  informasi  diperlukan  adanya  privacy  data  dan  etika.  Seperti  diketahui

               bahwa  setiap  perusahaan  akan  mengumpulkan  data  pelanggan,  pemasok  atau  data  lainnya
               sehingga  perusahaan  berkewajiban  untuk  memproteksinya.  Tata  kelola  data  adalah

               pendekatan  mengelola  informasi  di  seluruh  bagian  organisasi.  Meliputi  proses  bisnis  dan
               kebijakan  yang  menjamin  data  ditangani  dengan  rancangan  yang  baik.  Ancaman  lain  dari

               data  adalah  kebocoran  data  atau  data  leakage.  Kebocoran  data  adalah  penyalinan  data
               perusahaan yang tidak sah, kadangkala tanpa meninggalkan suatu indikasi bahwa data telah

               disalin.


               Data harus menjaga dari kehilangan data melalui pengambilan data perusahaan oleh pihak

               yang tidak bertanggung jawab atau diakses oleh orang yang tidak mempuyai otorisasi baik

               oleh  pihak  internal  maupun  pihak  eksternal.  Misalnya  pengambilan  data  pelanggan  oleh
               tenaga penjualan  yang akan berhenti dari perusahaan dan ingin buka usaha sendiri dengan

               bisnis yang sama atau pindah ke pesaing. Selain itu contoh yang akhir-akhir ini terjadi, yaitu
                               DOKUMEN
               adanya kebocaran data Facebook  oleh pihak ketiga. Oleh karena itu, perlu dibuat aturan atau

               prosedur untuk mengelolahan data  agar data tetap berintegritas.

                                                     IAI
               Mengelolah  data  tidaklah  mudah  seperti  dibayangkan,  apalagi  pada  era  digital  saat  ini  di

               mana  data  peroleh  dan  diakses  dengan  mudah  dari  dan  ke  seluruh  dunia.  Kesulitan
               mengelolah data dapat disebabkan karena:

               (1)  Jumlah data yang bertumbuh cepat
                     Bertumbuhnya perusahaan berdampak pada bertambahnya data  yang harus disimpan.

                     Bukannya hanya kuantitas data, tetapi kualitas dan jenis data karena pengguna ingin
                     mendapatkan informasi dari berbagai perspektif.

               (2)  Berasal dari berbagai sumber dalam organisasi

                     Penyimpanan  atau  pengumpulan  data  menggunakan  konsep  basis  data  (database)  di
                     mana  semua  data  yang  berasal  dari  dalam  organisasi  dikumpulkan  dalam  satu  basis

                     data. Besar atau banyaknya data memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar

                     dan memerlukan sistem yang dapat mengakses data secara lebih cepat.
               (3)  Berasal dari banyak sumber, naik sumber internal dan eksternal.

                     Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan informasi dari berbagai dimensi dan perspektif,
                     diperlukan pula data dari luar organisasi, hal ini menyebabkan diperlukan kapasitas dan



                                                           22
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34