Page 47 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 47
3. Masalah struktur.
Masalah yang dihadapi dapat terstruktur, semi-struktur dan tidak terstruktur
(unstructured, semi structured, structured).
4. Tipe laporan manajemen
(a) Laporan harus memiliki nilai atau informasi. Laporan harus mengurangi tingkat
ketidakpastian yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi pengambil
keputusan, dan mempengaruhi perilaku pengambil keputusan dalam tindakan
positif.
(b) Laporan harus memiliki atribut:
Relevance, yaitu laporan berguna untuk pengambilan keputusan.
Summarization, yaitu laporan ringkas yang tepat dan sesuai kebutuhan .
Exception orientation, yaitu laporan yang berorientasi pada hal-hal yang
menyimpang sehingga dapat mengidentifikasi risiko.
Accuracy, yaitu laporan harus bebas dari kesalahan.
DOKUMEN
Completeness, yaitu laporan harus memberikan informasi yang esensi dari
yang dibutuhkan.
Timeliness, yaitu laporan diperoleh pada waktu yang dibutuhkan.
IAI
Conciseness, yaitu laporan dibuat sesuai dengan format yang dapat
dipahami penggunanya.
(c) Tipe laporan yang terdiri dari:
Programmed, yaitu laporan dengan format yang tetap sehingga dapat
diprogramkan oleh komputer. Laporan ini dapat:
- Laporan terjadwal (scheduled reports) yaitu laporan yang diproduksi
atau dibuat pada jangka waktu tertentu secara rutin, misalnya laporan
keuangan, laporan penjualan mingguan, dan lainnya.
- Laporan berdasarkan permintaan (on-demand reports), yaitu laporan
yang dipicu oleh kejadian, misalnya tingkat persediaan yang melewati
batas minimum.
40