Page 43 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 43

manajer  tingkat  menengah.  Sebagai  contoh  seorang  manajer  penjualan  dalam

                     menentukan target penjualan, dia harus melihat data rinci tahun sebelumnya dari dalam
                     perusahaan  dan  data  pesaing  yang  diperoleh  dari  lapangan  yang  pasti  sifatnya  tidak

                     serinci data internal tetapi ringkas dan umum (genaral).


               Dilihat  dari  sifat  pekerjaan  setiap  tingkat  manajemen  dalam  organisasi,  setiap  tingkat
               mempunyai  sifat  pekerjaan,  permasalahan  dan  informasi  yang  berbeda.  Sifat  pekerjaan

               mereka dapat dikelompokkan menjadi:

               (1)  Manajemen Stategi,  pekerjan  yang meliputi  menentukan tujuan dan sasaran, strategi,
                     kebijakan  organisasi  atau  perusahaan  yang  mempunyai  dampak  luas.  Pekerjaan  ini

                     ditangani oleh manajer tingkat atas atau manajemen puncak

               (2)  Manajemen Taktis dan Pengendalian  (tactical and controlling management), pekerjaan
                     yang sifatnya jangka menengah seperti menjalankan dan memantau jadwal, anggaran,

                     alokasi sumber daya dan lain sebagainya. Pekerjaan ini ditangani manajemen tingkat
                               DOKUMEN
                     menengah seperti manajer atau kepala bagian.

               (3)  Manajemen  Operasi  (operational  management),  pekerjaan  yang  sifatnya  mempunyai
                     jangka waktu yang lebih pendek, misalnya perencanaan mingguan, jadwal mingguan,

                     dan  lain  sebagainya.  Pekerjaan  ini  ditangani  oleh  manajer  tingkat  bawah  seperti

                     penyelia, mandor, dan lainnya.  IAI


               Dari  keterangan  di  atas,  peranan  sistem  informasi  dalam  organisasi  yang  mendukung
               manajemen  dalam  mengambil  keputusan  pasti  dipengaruhi  oleh  jenis  permasalahan  yang

               dihadapi  oleh  setiap  tingkat  manajerial  di  organisasi,  tingkat  permasalahan  ini  akan
               mempengaruhi seberapa rinci informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan

               mereka.













                                                           36
   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48