Page 43 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 43
manajer tingkat menengah. Sebagai contoh seorang manajer penjualan dalam
menentukan target penjualan, dia harus melihat data rinci tahun sebelumnya dari dalam
perusahaan dan data pesaing yang diperoleh dari lapangan yang pasti sifatnya tidak
serinci data internal tetapi ringkas dan umum (genaral).
Dilihat dari sifat pekerjaan setiap tingkat manajemen dalam organisasi, setiap tingkat
mempunyai sifat pekerjaan, permasalahan dan informasi yang berbeda. Sifat pekerjaan
mereka dapat dikelompokkan menjadi:
(1) Manajemen Stategi, pekerjan yang meliputi menentukan tujuan dan sasaran, strategi,
kebijakan organisasi atau perusahaan yang mempunyai dampak luas. Pekerjaan ini
ditangani oleh manajer tingkat atas atau manajemen puncak
(2) Manajemen Taktis dan Pengendalian (tactical and controlling management), pekerjaan
yang sifatnya jangka menengah seperti menjalankan dan memantau jadwal, anggaran,
alokasi sumber daya dan lain sebagainya. Pekerjaan ini ditangani manajemen tingkat
DOKUMEN
menengah seperti manajer atau kepala bagian.
(3) Manajemen Operasi (operational management), pekerjaan yang sifatnya mempunyai
jangka waktu yang lebih pendek, misalnya perencanaan mingguan, jadwal mingguan,
dan lain sebagainya. Pekerjaan ini ditangani oleh manajer tingkat bawah seperti
penyelia, mandor, dan lainnya. IAI
Dari keterangan di atas, peranan sistem informasi dalam organisasi yang mendukung
manajemen dalam mengambil keputusan pasti dipengaruhi oleh jenis permasalahan yang
dihadapi oleh setiap tingkat manajerial di organisasi, tingkat permasalahan ini akan
mempengaruhi seberapa rinci informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan
mereka.
36