Page 105 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 105
BAB 4
PENGANTAR STRATEGI BISNIS
PENDAHULUAN
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa
Inggris business, dengan kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu,
komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta dapat menentukan strategi yang tepat bagi suatu bisnis atas perubahan yang terjadi atas
lingkungan perusahaan.
1. Mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh Perusahaan.
DOKUMEN
2. Mengidentifikasi tingkatan strategi yang diterapkan oleh Perusahaan.
3. Mengindentifikasi cara pengambilan keputusan secara strategis.
4. Menentukan strategi yang akan digunakan oleh perusahaan.
A. Apa Itu Strategi? IAI
Banyak definisi yang mencoba menjelaskan apa makna dari Strategi atau Strategi Korporat.
Namun demikian, terdapat tiga definisi strategi yang dapat digunakan secara luas, yaitu:
(1) Strategi merupakan arahan dan ruang lingkup suatu organisasi dalam jangka panjang,
untuk mencapai keunggulan bagi organisasi melalui pengaturan sumber daya yang
dimiliki di dalam lingkungan yang senantiasa berubah, untuk memenuhi kebutuhan pasar
dan harapan para pemangku kepentingan (stakeholders) (Johnson & Scholes, 2002).
(2) Strategi terkait dengan arahan dasar organisasi untuk masa depannya; tujuan, ambisi dan
sumber daya organisasi; dan bagaimana organisasi berinteraksi dengan lingkungan dunia
tempat beroperasi. (Lynch, 2000).
(3) Strategi merupakan rangkaian tindakan, termasuk spesifikasi sumber daya yang
diperlukan, untuk mencapai tujuan tertentu (Terminologi Resmi CIMA).
Dari ketiga definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi itu terkait dengan:
(1) Arahan bisnis dalam jangka panjang
(2) Lingkungan tempat beroperasi
99