Page 105 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 105

BAB 4

                                          PENGANTAR STRATEGI BISNIS


               PENDAHULUAN
               Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis

               lainnya,  untuk  mendapatkan  laba.  Secara  historis  kata  bisnis  berasal  dari  bahasa
               Inggris  business,  dengan  kata  dasar  busy  yang  berarti  “sibuk”  dalam  konteks  individu,

               komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang

               mendatangkan keuntungan.


               TUJUAN PEMBELAJARAN

               Peserta dapat menentukan strategi yang tepat bagi suatu bisnis atas perubahan yang terjadi atas
               lingkungan perusahaan.

               1.    Mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh Perusahaan.
                               DOKUMEN
               2.    Mengidentifikasi tingkatan strategi yang diterapkan oleh Perusahaan.

               3.    Mengindentifikasi cara pengambilan keputusan secara strategis.
               4.    Menentukan strategi yang akan digunakan oleh perusahaan.



                A.  Apa Itu Strategi?                IAI
               Banyak definisi yang mencoba menjelaskan apa makna dari Strategi atau Strategi Korporat.

               Namun demikian, terdapat tiga definisi strategi yang dapat digunakan secara luas, yaitu:
               (1)  Strategi merupakan arahan dan ruang lingkup suatu organisasi dalam jangka panjang,

                     untuk  mencapai  keunggulan  bagi  organisasi  melalui  pengaturan  sumber  daya  yang
                     dimiliki di dalam lingkungan yang senantiasa berubah, untuk memenuhi kebutuhan pasar

                     dan harapan para pemangku kepentingan (stakeholders) (Johnson & Scholes, 2002).

               (2)  Strategi terkait dengan arahan dasar organisasi untuk masa depannya; tujuan, ambisi dan
                     sumber daya organisasi; dan bagaimana organisasi berinteraksi dengan lingkungan dunia

                     tempat beroperasi. (Lynch, 2000).

               (3)  Strategi  merupakan  rangkaian  tindakan,  termasuk  spesifikasi  sumber  daya  yang
                     diperlukan, untuk mencapai tujuan tertentu (Terminologi Resmi CIMA).


               Dari ketiga definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi itu terkait dengan:

               (1)  Arahan bisnis dalam jangka panjang
               (2)  Lingkungan tempat beroperasi


                                                           99
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110