Page 110 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 110
Dalam pendekatan “terima dan lihat saja” seperti ini, tujuan dan strategi merupakan hasil
dari upaya negosiasi dan diskusi, dengan memperhitungkan elemen manusia dalam
sistem (secara khusus budaya dan politik organisasi). Suatu strategi kemungkinan selalu
dicoba dan dikembangkan bersamaan dengan saat diimplementasi. Jika mengalami
kegagalan, strategi alternatif akan dicoba. Kemungkinan proses ini berjalan dalam jangka
yang lebih pendek ketimbang proses tradisional, yang cenderung menghasilkan hal-hal
seperti” Inilah strategi untuk tiga tahun ke depan, sekarang mari kita
mengimplementasikannya”.
Contoh: Sepeda Motor Honda di Amerika Serikat
Honda mendominasi pasar industri sepeda motor di AS (dan juga di Inggris), namun
keberhasilannya di AS dapat dikatakan sebagai ketidaksengajaan. Honda memasuki
pasar AS dengan beragam pilihan lengkap jenis sepeda motor, mulai dari skuter kecil
hingga sepeda motor bertenaga besar. Strategi awal yang diambil adalah mengandalkan
DOKUMEN
produsen AS untuk menghasilkan motor besar. Strategi gagal karena, meskipun Honda
menghasilkan motor yang lebih andal dan berkinerja lebih baik, merk-merk AS jauh lebih
dikenal konsumen.
IAI
Honda tidak melakukan upaya keras untuk menjual skuter karena merasa tidak
memenuhi kebutuhan dari segmen target mereka: pria yang membeli motor besar. Setelah
kegagalan strategi awal tersebut, Honda sangat memerlukan kas sehingga beralih
menjual skuter sebagai motor “keliling kota”. Motor kecil terbilang sukses, terutama bagi
mereka yang sebelumnya belum pernah membeli motor – dan hal ini membawa landasan
bagi Honda untuk kemudian mampu mendominasi keseluruhan pasar. Pada saat strategi
awal dikembangkan untuk memenuhi lini tradisional namun kegagalan memaksa
perusahaan untuk mengambil pendekatan emerjen dan akhirnya meraih kesuksesan.
(4) Pengambilan Keputusan Strategi
Jika kita berasumsi bahwa manajemen strategi mengikuti model formal dengan urutan
logis yang melibatkan analisis situasi terkini, menghasilkan pilihan yang berkaitan
dengan kompetitor, produk, dan pasar (pilihan strategis), serta mengimplementasikan
strategi terpilih (implementasi strategi), maka untuk mengembangkan suatu strategi
perusahaan harus mampu menjawab pertanyaan berikut:
(a) Dalam hal apa perusahaan memiliki keunggulan?
104