Page 110 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 110

Dalam pendekatan “terima dan lihat saja” seperti ini, tujuan dan strategi merupakan hasil

                     dari  upaya  negosiasi  dan  diskusi,  dengan  memperhitungkan  elemen  manusia  dalam
                     sistem (secara khusus budaya dan politik organisasi). Suatu strategi kemungkinan selalu

                     dicoba  dan  dikembangkan  bersamaan  dengan  saat  diimplementasi.  Jika  mengalami
                     kegagalan, strategi alternatif akan dicoba. Kemungkinan proses ini berjalan dalam jangka

                     yang lebih pendek ketimbang proses tradisional, yang cenderung menghasilkan hal-hal
                     seperti”  Inilah  strategi  untuk  tiga  tahun  ke  depan,  sekarang  mari  kita

                     mengimplementasikannya”.


                     Contoh: Sepeda Motor Honda di Amerika Serikat

                     Honda mendominasi pasar industri sepeda motor di AS (dan juga di Inggris), namun

                     keberhasilannya  di  AS  dapat  dikatakan  sebagai  ketidaksengajaan.  Honda  memasuki
                     pasar AS dengan beragam pilihan lengkap jenis sepeda motor, mulai dari skuter kecil

                     hingga sepeda motor bertenaga besar. Strategi awal yang diambil adalah mengandalkan
                               DOKUMEN
                     produsen AS untuk menghasilkan motor besar. Strategi gagal karena, meskipun Honda

                     menghasilkan motor yang lebih andal dan berkinerja lebih baik, merk-merk AS jauh lebih
                     dikenal konsumen.
                                                     IAI


                     Honda  tidak  melakukan  upaya  keras  untuk  menjual  skuter  karena  merasa  tidak
                     memenuhi kebutuhan dari segmen target mereka: pria yang membeli motor besar. Setelah

                     kegagalan  strategi  awal  tersebut,  Honda  sangat  memerlukan  kas  sehingga  beralih
                     menjual skuter sebagai motor “keliling kota”. Motor kecil terbilang sukses, terutama bagi

                     mereka yang sebelumnya belum pernah membeli motor – dan hal ini membawa landasan
                     bagi Honda untuk kemudian mampu mendominasi keseluruhan pasar. Pada saat strategi

                     awal  dikembangkan  untuk  memenuhi  lini  tradisional  namun  kegagalan  memaksa

                     perusahaan untuk mengambil pendekatan emerjen dan akhirnya meraih kesuksesan.


               (4)  Pengambilan Keputusan Strategi

                     Jika kita berasumsi bahwa manajemen strategi mengikuti model formal dengan urutan
                     logis  yang  melibatkan  analisis  situasi  terkini,  menghasilkan  pilihan  yang  berkaitan

                     dengan kompetitor, produk, dan pasar (pilihan strategis), serta mengimplementasikan
                     strategi  terpilih  (implementasi  strategi),  maka  untuk  mengembangkan  suatu  strategi

                     perusahaan harus mampu menjawab pertanyaan berikut:
                     (a)  Dalam hal apa perusahaan memiliki keunggulan?


                                                           104
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115