Page 106 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 106
(3) Sumber daya yang akan digunakan
(4) Pengembalian yang dibuat untuk para pemangku kepentingan.
(1) Strategi 5P oleh Mitzberg
Henry Mintzberg menamai bagaimana kata ‘strategi’ digunakan oleh kebanyakan orang
yang menulis mengenai topik ini dan mengidentifikasi hal-hal yang kemudian dikenal
sebagai 5P:
(a) Strategi sebagai rencana (plan), sebuah rencana strategis merupakan dokumen
yang dihasilkan pada akhir proses perencanaan. Dokumen itu bersifat eksplisit,
tertulis, dan memuat target dan instruksi yang harus diikuti.
(b) Strategi sebagai taktik (play), taktik merupakan manuver dalam suatu permainan
yang kompetitif dengan maksud untuk menggapai kemenangan atas kompetitor,
atau setidaknya menimbulkan kondisi yang merugikan.
(c) Strategi sebagai pola (pattern), strategi dapat timbul sebagai rangkaian kegiatan,
DOKUMEN
pola perilaku, atau konsistensi hal yang dilakukan oleh perusahaan. Semua ini
muncul dari budaya tim manajemen.
(d) Strategi sebagai posisi (position), bagaimana sebuah perusahaan dapat cocok
IAI
dengan lingkungannya? Bagaimana perusahaan dapat menyerasikan sumber daya
dan kompetensi internal (kekuatan dan kelemahan) dengan kondisi lingkungan
yang dihadapi (peluang dan ancaman)? Bagaimana posisi pasar yang diraih jika
dibandingkan dengan perusahaan lain (yaitu ketika menawarkan produk/jasa
kepada segmen tertentu atau memenuhi kebutuhan pelanggan sedemikian rupa
seperti harga tinggi/kualitas tinggi, atau harga rendah/kualitas lebih rendah)?
(e) Strategi sebagai perspektif (perspective), strategi merupakan cara unik dari
perusahaan saat memandang dunia dan menginterpretasikannya (contoh: Apple
menyakini bahwa TIK akan menjadi kelengkapan gaya hidup, sedangkan Dell
memandangnya sebagai peralatan bisnis yang bersifat fungsional).
100