Page 106 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 106

(3)  Sumber daya yang akan digunakan

               (4)  Pengembalian yang dibuat untuk para pemangku kepentingan.


               (1)  Strategi 5P oleh Mitzberg
                     Henry Mintzberg menamai bagaimana kata ‘strategi’ digunakan oleh kebanyakan orang

                     yang menulis mengenai topik ini dan mengidentifikasi hal-hal yang kemudian dikenal
                     sebagai 5P:

                     (a)  Strategi  sebagai  rencana  (plan),  sebuah  rencana  strategis  merupakan  dokumen

                           yang dihasilkan pada akhir proses perencanaan. Dokumen itu bersifat eksplisit,
                           tertulis, dan memuat target dan instruksi yang harus diikuti.

                     (b)  Strategi sebagai taktik (play), taktik merupakan manuver dalam suatu permainan

                           yang kompetitif dengan maksud untuk menggapai kemenangan atas kompetitor,
                           atau setidaknya menimbulkan kondisi yang merugikan.

                     (c)  Strategi sebagai pola (pattern), strategi dapat timbul sebagai rangkaian kegiatan,
                               DOKUMEN
                           pola  perilaku,  atau  konsistensi  hal  yang  dilakukan  oleh  perusahaan.  Semua  ini

                           muncul dari budaya tim manajemen.
                     (d)  Strategi  sebagai  posisi  (position),  bagaimana  sebuah  perusahaan  dapat  cocok
                                                     IAI
                           dengan lingkungannya? Bagaimana perusahaan dapat menyerasikan sumber daya

                           dan  kompetensi  internal  (kekuatan  dan  kelemahan)  dengan  kondisi  lingkungan
                           yang dihadapi (peluang dan ancaman)? Bagaimana posisi pasar yang diraih jika

                           dibandingkan  dengan  perusahaan  lain  (yaitu  ketika  menawarkan  produk/jasa
                           kepada  segmen  tertentu  atau  memenuhi  kebutuhan  pelanggan  sedemikian  rupa

                           seperti harga tinggi/kualitas tinggi, atau harga rendah/kualitas lebih rendah)?
                     (e)  Strategi  sebagai  perspektif  (perspective),  strategi  merupakan  cara  unik  dari

                           perusahaan  saat  memandang  dunia  dan  menginterpretasikannya  (contoh:  Apple

                           menyakini  bahwa  TIK  akan  menjadi  kelengkapan  gaya  hidup,  sedangkan  Dell
                           memandangnya sebagai peralatan bisnis yang bersifat fungsional).













                                                           100
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111