Page 108 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 108
(b) Isu-isu pemasaran, seperti bauran pemasaran.
(5) Strategi Fungsional (Operasional)
Strategi fungsional mengacu pada fungsi utama dari masing-masing SBU, seperti
produksi/operasi, keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran, serta bagaimana
masing-masing fungsi tersebut dapat menjalankan secara efektif strategi yang telah
ditetapkan pada level korporat dan bisnis.
B. Pengantar Manajemen Strategis
(1) Apa itu Manajemen Strategis
Pendekatan formal terhadap manajemen strategis, yang akan dibahas dalam bagian ini,
menyatakan bahwa segala organisasi memerlukan rencana jika tidak ingin menghadapi
ketidakjelasan. Manajemen strategis mencakup:
(a) Pengambilan keputusan mengenai ruang lingkup aktivitas bisnis
DOKUMEN
(b) Arahan bisnis dalam jangka panjang
(c) Alokasi sumber daya
Manajemen strategis biasanya mencakup siklus utuh perancanaan dan pengendalian pada
level strategis, yang dikenal sebagai perencanaan strategis.
IAI
(2) Perencanaan Strategis Formal
Pendekatan formal atau rasional terhadap perencanaan strategis mencakup empat tahapan
penting, yaitu:
(a) Analisis strategis.
(b) Pilihan strategis.
(c) Implementasi strategi terpilih.
(d) Riviu dan pengendalian.
Masing-masing tahapan akan dibahas dalam bagian berikut.
Perencanaan didesinisikan sebagaii penetapan tujuan; formulasi, evaluasi, dan pemilihan
kebijakan, strategi, taktik, dan tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Perencanaan meliputi perencanaan jangka panjang/strategis dan perencanaan jangka
pendek/operasional.
Rencana Strategis: Pernyataan yang memuat tujuan jangka panjang beserta definisi
102