Page 107 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 107
(2) Level Strategi
Strategi dalam perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa level seperti yang digambarkan
dalam 4.1 Level strategi
Korporat
Bisnis
Fungsional (opersional)
DOKUMEN
Gambar 4.1 Level strategi
IAI
(3) Strategi Korporat
Strategi korporat secara umum ditentukan di tingkat dewan direksi/komisaris yang
menaungi perusahaan secara keseluruhan. Strategi jenis ini umumnya berkaitan dengan:
(a) Menentukan misi dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
(b) Keputusan mengenai produk/pasar secara keseluruhan, sebagai contoh untuk
meluaskan, menutup, memasuki suatu pasar yang baru, mengembangkan produk,
dan sebagainya, melalui berbagai metode sebagai pertumbuhan organik, merjer dan
akuisisi, ventura bersama, dan sebagainya.
(4) Strategi Bisnis
Umumnya strategi ini akan menghasilkan unit bisnis strategis (SBU) dan terkait
bagaimana suatu pasar tertentu dapat dilayani, atau sebuah SBU seharusnya beroperasi.
Definisi Unit bisnis strategis (strategic business unit/SBU) adalah suatu unit atau bagian,
dalam perusahaan yang lebih besar, yang bertanggung jawab atas perencanaan,
pengembangan, produksi, dan pemasaran produk dan jasanya sendiri. Strategi kompetitif
yang ditentukan pada level ini biasanya mencakup hal-hal seperti:
(a) Bagaimana keunggulan dari para pesaing dapat diraih.
101