Page 107 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
        P. 107
     (2)  Level Strategi
                     Strategi dalam perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa level seperti yang digambarkan
                     dalam 4.1 Level strategi
                                                                      Korporat
                                                                                              Bisnis
                                                                                 Fungsional (opersional)
                               DOKUMEN
                     Gambar 4.1 Level strategi
                                                     IAI
               (3)  Strategi Korporat
                     Strategi  korporat  secara  umum  ditentukan    di  tingkat  dewan  direksi/komisaris  yang
                     menaungi perusahaan secara keseluruhan. Strategi jenis ini umumnya berkaitan dengan:
                     (a)  Menentukan misi dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
                     (b)  Keputusan  mengenai  produk/pasar  secara  keseluruhan,  sebagai  contoh  untuk
                           meluaskan, menutup, memasuki suatu pasar yang baru, mengembangkan produk,
                           dan sebagainya, melalui berbagai metode sebagai pertumbuhan organik, merjer dan
                           akuisisi, ventura bersama, dan sebagainya.
               (4)  Strategi Bisnis
                     Umumnya  strategi  ini  akan  menghasilkan  unit  bisnis  strategis  (SBU)  dan  terkait
                     bagaimana suatu pasar tertentu dapat dilayani, atau sebuah SBU seharusnya beroperasi.
                     Definisi Unit bisnis strategis (strategic business unit/SBU) adalah suatu unit atau bagian,
                     dalam  perusahaan  yang  lebih  besar,  yang  bertanggung  jawab  atas  perencanaan,
                     pengembangan, produksi, dan pemasaran produk dan jasanya sendiri. Strategi kompetitif
                     yang ditentukan pada level ini biasanya mencakup hal-hal seperti:
                     (a)  Bagaimana keunggulan dari para pesaing dapat diraih.
                                                           101
     	
