Page 158 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 158

BAB 5

                                               MANAJEMEN GLOBAL


               PENDAHULUAN

               Bab ini menjelaskan tentang dampak globalisasi untuk bisnis, kekuatan kompetitif dalam bisnis
               global, manajemen untuk perusahaan multinasional yang beroperasi di lingkungan global dan

               faktor  penting  untuk  mengelola  tenaga  kerja  yang  beragam  dalam  hal  kewarganegaraan,
               gender, etnis, dan latar belakang pendidikan.


               TUJUAN PEMBELAJARAN

               1.    Peserta mampu mengidentifikasi dampak globalisasi untuk bisnis

               2.    Peserta mampu mengidentifikasi kekuatan kompetitif dalam bisnis global
                               DOKUMEN
               3.    Peserta mampu menentukan manajemen untuk perusahaan multinasional yang beroperasi
                     di lingkungan global
               4.    Peserta  mampu  mengidentifikasi  faktor  penting  untuk  mengelola  tenaga  kerja  yang

                     beragam dalam hal kewarganegaraan, gender, etnis, dan latar belakang pendidikan.
                                                     IAI

               A.    Memahami Lingkungan Global

               (1)  Definisi Globalisasi

                     Globalisasi adalah produksi dan distribusi produk dan jasa dari suatu tipe dan kualitas
                     yang homogen yang dilakukan di seluruh dunia. Manajemen global merupakan cara

                     suatu organisasi mengelola bisnisnya secara internasional, termasuk praktik-praktik
                     penjualan, pemasaran, perekrutan dan keuangannya.


                     Industrialisasi  yang  tumbuh  cepat  sejak  abad  ke  18  merupakan  konsekuensi  dari

                     keterlibatan bisnis dalam perdagangan. Dalam abad 21, kemajuan sarana transportasi,

                     komunikasi dan kepemilikan bisnis yang tanpa batas telah menciptakan, untuk hampir
                     seluruh  industri,  suatu  lingkungan  bisnis  global.  Sukses  di  bisnis  global  berarti

                     memahami perbedaan antar berbagai negara dalam konteks budaya, ekonomi, hukum dan
                     politik.






                                                           152
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163