Page 159 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 159
(a) Lingkungan budaya
Ketika dua orang dari negara yang sama berkomunikasi, terdapat kemungkinan
terjadi salah paham. Kemungkinan ini akan meningkat ketika orang-orang dari
negara yang berbeda bertemu. Perbedaan dalam gaya komunikasi menggambarkan
perbedaan dalam budaya sistem kepercayaan, nilai-nilai, adat, dan perilaku yang
mengatur interaksi antar anggota suatu masyarakat. Perbedaan budaya
menciptakan tantangan untuk dapat sukses dalam kesepakatan bisnis internasional.
(b) Lingkungan ekonomi
Ketika merencakan untuk berbisnis di luar negeri, perusahaan perlu mengetahui
tingkat perkembangan ekonomi negara yang dituju, faktor-faktor yang
mempengaruhi nilai mata uangnya serta dampak dari perubahan tersebut terhadap
laba perusahaan. jika tidak mengetahui tingkat perkembangan ekonomi suatu
negara, maka suatu bisnis tidak dapat menjawab pertanyaan mendasar, seperti
mampukah konsumen di negara ini membeli produk yang dijual perusahaan,
DOKUMEN
berapa unit produk yang dapat dijual perusahaan, dan mungkinkah memperoleh
suatu laba yang diharapkan dari negara in. Bank Dunia membagi negara-negara ke
dalam empat kelompok pendapatan:
IAI
(i) Pendapatan tinggi, seperti Amerika, Jerman dan Jepang.
(ii) Pendapatan menengah atas, seperti Cina, Afrika Selatan dan Meksiko.
(iii) Pendapatan menengah bawah, seperti Vietnam, India dan Filipina.
(iv) Pendapatan rendah, seperti Haiti, Banglades dan Kenya.
Meskipun suatu negara memiliki pendapatan perkapita rendah, namun tetap
menjadi tempat yang menarik untuk melakukan bisnis. Contohnya, India, negara
berpendapatan rendah namun memiliki populasi yang besar dan suatu segmen dari
populasi ini cukup terpelajar, yang menjadi faktor yang menarik bagi banyak
inisiatif bisnis.
Beberapa faktor yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi termasuk: suatu
sistem perbankan yang andal, bursa saham yang kuat, dan kebijakan pemerintah
yang mendorong investasi dan kompetisi dan dapat menghalangi korupsi. Suatu
negara juga perlu memiliki infrastruktur yang kuat seperti sistem komunikasi,
transportasi, energi dan fasilitas sosial.
(c) Lingkungan hukum dan regulasi
Salah satu aspek yang sulit dalam melakukan bisnis global adalah berurusan
dengan lingkungan hukum dan regulasi yang sangat berbeda. Karena tidak terdapat
153