Page 159 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 159

(a)  Lingkungan budaya

                           Ketika dua orang dari negara yang sama berkomunikasi, terdapat kemungkinan
                           terjadi salah paham.  Kemungkinan ini akan meningkat  ketika  orang-orang dari

                           negara yang berbeda bertemu. Perbedaan dalam gaya komunikasi menggambarkan
                           perbedaan dalam budaya sistem kepercayaan, nilai-nilai, adat, dan perilaku yang

                           mengatur  interaksi  antar  anggota  suatu  masyarakat.  Perbedaan  budaya
                           menciptakan tantangan untuk dapat sukses dalam kesepakatan bisnis internasional.

                     (b)  Lingkungan ekonomi

                           Ketika  merencakan  untuk berbisnis di luar negeri, perusahaan perlu mengetahui
                           tingkat  perkembangan  ekonomi  negara  yang  dituju,  faktor-faktor  yang

                           mempengaruhi nilai mata uangnya serta dampak dari perubahan tersebut terhadap

                           laba  perusahaan.  jika  tidak  mengetahui  tingkat  perkembangan  ekonomi  suatu
                           negara,  maka  suatu  bisnis  tidak  dapat  menjawab  pertanyaan  mendasar,  seperti

                           mampukah  konsumen  di  negara  ini  membeli  produk  yang  dijual  perusahaan,
                               DOKUMEN
                           berapa unit produk yang dapat dijual perusahaan, dan mungkinkah memperoleh

                           suatu laba yang diharapkan dari negara in. Bank Dunia membagi negara-negara ke
                           dalam empat kelompok pendapatan:
                                                     IAI
                           (i)   Pendapatan tinggi, seperti Amerika, Jerman dan Jepang.

                           (ii)  Pendapatan menengah atas, seperti Cina, Afrika Selatan dan Meksiko.
                           (iii)  Pendapatan menengah bawah, seperti Vietnam, India dan Filipina.

                           (iv)  Pendapatan rendah, seperti Haiti, Banglades dan Kenya.
                           Meskipun  suatu  negara  memiliki  pendapatan  perkapita  rendah,  namun  tetap

                           menjadi tempat yang menarik untuk melakukan bisnis. Contohnya, India, negara
                           berpendapatan rendah namun memiliki populasi yang besar dan suatu segmen dari

                           populasi  ini  cukup  terpelajar,  yang  menjadi  faktor  yang  menarik  bagi  banyak

                           inisiatif bisnis.
                           Beberapa  faktor  yang  kondusif  untuk  pertumbuhan  ekonomi  termasuk:  suatu

                           sistem perbankan yang andal, bursa saham yang kuat, dan kebijakan pemerintah

                           yang mendorong investasi dan kompetisi dan dapat menghalangi korupsi. Suatu
                           negara  juga  perlu  memiliki  infrastruktur  yang  kuat  seperti  sistem  komunikasi,

                           transportasi, energi dan fasilitas sosial.
                     (c)  Lingkungan hukum dan regulasi

                           Salah  satu  aspek  yang  sulit  dalam  melakukan  bisnis  global  adalah  berurusan
                           dengan lingkungan hukum dan regulasi yang sangat berbeda. Karena tidak terdapat

                                                           153
   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164