Page 160 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 160

sistem hukum global, area-area kunci dalam hukum bisnis – misalnya perlindungan

                           hak cipta – dapat saja diperlakukan berbeda di negara yang berbeda. Perusahaan
                           yang melakukan bisnis internasional sering menghadapi hukum dan regulasi yang

                           tidak konsisten. Salah satu pendekatan untuk berurusan dengan hukum dan regulasi
                           lokal adalah dengan mempekerjakan ahli hukum dari negara tempat perusahaan

                           melakukan bisnis yang dapat memberikan masukan terkait isu-isu hukum. Dapat
                           pula dengan cara bekerja bersama pelaku bisnis lokal yang memiliki pengalaman

                           memenuhi beragam regulasi dan mengatasi hambatan birokrasi.

               (2)  Persaingan di Pasar Global

                     Persaingan global mempengaruhi perusahaan dalam berbagai bentuk, diantaranya:

                     (a)  Memberi kesempatan bagi pasar-pasar baru untuk eksploitasi.

                     (b)  Menjadi tantangan berupa sumber persaingan baru bagi ekonomi di suatu negara

                           yang berasal dari perusahaan asing.
                               DOKUMEN
                     (c)  Menawarkan  kesempatan  untuk  merelokasi  bagian-bagian  dari  aktivitas  bisnis
                           (atau rantai suplai) ke negara-negara yang dapat melaksanakan aktivitas tersebut
                           dengan lebih baik atau lebih murah.

                     (d)  Akan mendorong akuisisi dan aliansi antar negara.
                                                     IAI
                     Kondisi tersebut mendorong manajemen untuk membuat keputusan investasi strategik

                     penting yang bergantung pada penilaian atas stabilitas dan tren dari lingkungan bisnis
                     global:


                     (a)  Pengembangan produk untuk pasar internasional
                     (b)  Memperluas  kredit  bagi  klien  di  pasar  internasional  atau  melakukan  investasi

                           dalam bisnis dan aset di negara tuan rumah.

                     (c)  Ketergantungan  atas  sumber-sumber  internasional  terhadap  suplai  input/bahan
                           baku penting.


               B.    Mengelola Bisnis Global

               Levitt (The Globalisation of Markets, 1983) menjelaskan perkembangan suatu “desa global”
               dimana  konsumen  di  seluruh  dunia  memiliki  keinginan  dan  perilaku  yang  sama  dan

               menggunakan produk  yang sama. Suatu perusahaan global akan menjadi suatu perusahaan

               yang beroperasi seolah-olah seluruh dunia merupakan satu entitas yang menjual produk yang
               sama dimana-mana.

               Levitt berfokus pada aspek pemasaran dari globalisasi. Karakteristik dari perusahaan bisnis

                                                           154
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165