Page 160 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 160
sistem hukum global, area-area kunci dalam hukum bisnis – misalnya perlindungan
hak cipta – dapat saja diperlakukan berbeda di negara yang berbeda. Perusahaan
yang melakukan bisnis internasional sering menghadapi hukum dan regulasi yang
tidak konsisten. Salah satu pendekatan untuk berurusan dengan hukum dan regulasi
lokal adalah dengan mempekerjakan ahli hukum dari negara tempat perusahaan
melakukan bisnis yang dapat memberikan masukan terkait isu-isu hukum. Dapat
pula dengan cara bekerja bersama pelaku bisnis lokal yang memiliki pengalaman
memenuhi beragam regulasi dan mengatasi hambatan birokrasi.
(2) Persaingan di Pasar Global
Persaingan global mempengaruhi perusahaan dalam berbagai bentuk, diantaranya:
(a) Memberi kesempatan bagi pasar-pasar baru untuk eksploitasi.
(b) Menjadi tantangan berupa sumber persaingan baru bagi ekonomi di suatu negara
yang berasal dari perusahaan asing.
DOKUMEN
(c) Menawarkan kesempatan untuk merelokasi bagian-bagian dari aktivitas bisnis
(atau rantai suplai) ke negara-negara yang dapat melaksanakan aktivitas tersebut
dengan lebih baik atau lebih murah.
(d) Akan mendorong akuisisi dan aliansi antar negara.
IAI
Kondisi tersebut mendorong manajemen untuk membuat keputusan investasi strategik
penting yang bergantung pada penilaian atas stabilitas dan tren dari lingkungan bisnis
global:
(a) Pengembangan produk untuk pasar internasional
(b) Memperluas kredit bagi klien di pasar internasional atau melakukan investasi
dalam bisnis dan aset di negara tuan rumah.
(c) Ketergantungan atas sumber-sumber internasional terhadap suplai input/bahan
baku penting.
B. Mengelola Bisnis Global
Levitt (The Globalisation of Markets, 1983) menjelaskan perkembangan suatu “desa global”
dimana konsumen di seluruh dunia memiliki keinginan dan perilaku yang sama dan
menggunakan produk yang sama. Suatu perusahaan global akan menjadi suatu perusahaan
yang beroperasi seolah-olah seluruh dunia merupakan satu entitas yang menjual produk yang
sama dimana-mana.
Levitt berfokus pada aspek pemasaran dari globalisasi. Karakteristik dari perusahaan bisnis
154