Page 163 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 163

sumber daya dan kemampuan lokal,  serta  menjadi  kontributor bagi  dan peserta aktif

                     dalam strategi global.

                     Sebagai seorang sensor, manajer regional harus cakap dalam memperoleh dan menyaring

                     informasi,  menginterpretasikan  dampaknya,  dan  memprediksi  berbagai  kemungkinan
                     keluaran. Lebih penting lagi, manajer ini memiliki tugas sulit untuk menyampaikan arti

                     penting dari peran tersebut kepada orang-orang yang lebih tinggi posisinya, terutama
                     mereka  yang  persepsinya  masih  tertutup  oleh  bias  jarak  atau  etnosentris.  Saat  ini,

                     komunikasi yang efektif sangat penting ketika informasi lokal meningkat penerapannya
                     di wilayah yang lain atau bahkan secara global. Trend pelanggan di satu negara sering

                     menyebar ke negara lain, perkembangan teknologi di suatu lingkungan dan memiliki

                     pengaruh signifikan; maka pengujian pasar lokal suatu pesaing mungkin menjadi sinyal
                     strategi yang lebih besar; dan inisiatif legislatif nasional terkait regulasi dan perlindungan

                     lingkungan cenderung untuk menyebar lintas batas.

                               DOKUMEN
                     Sebagai seorang builder, manajer regional harus dapat mengidentifikasi, membangun
                     dan menyebarkan sumber daya dan kemampuan suatu cabang menjadi aset perusahaan
                     yang besar.

                                                     IAI
                     Di banyak perusahaan global, akses ke informasi penting strategis – dan kendali atas aset
                     penting  strategis  –  telah  menempatkan  manajer  regional  ke  dalam  peran  yang  lebih

                     sentral.  Sebagai  penghubung  ke  pasar  lokal,  mereka  tidak  lagi  hanya
                     mengimplementasikan program  dan kebijakan kantor pusat,  tetapi  banyak  yang telah

                     memiliki  pengaruh  terhadap  pengambilan  keputusan  strategis  dan  operasional.  Pada

                     sebagian  besar  perusahaan  global,  manajer  regional  dan  kepala  cabang  lokal  sering
                     berpartisipasi sebagai komite pengembangan produk, satuan tugas pemasaran produk,

                     dan konferensi strategi global.

               (3)  Manajer Fungsional: Scanner, Cross Pollinator dan Champion


                     Membangun organisasi yang dapat menggunakan pembelajaran untuk menciptakan dan
                     menyebarkan  inovasi  membutuhkan  keterampilan  untuk  mentransfer  pengetahuan

                     khusus juga menghubungkan sumber daya dan kemampuan yang langka lintas batas.
                     Untuk mencapai tujuan ini, manajer fungsional harus memindai (scan) informasi dari

                     seluruh  dunia,  menyebar  (cross-polinate)  pengetahuan  dan  praktik  mutakhir  dan
                     memenangkan inovasi yang menawarkan aplikasi dan kesempatan global.


                     Sebagian besar inovasi dimulai ketika manajer melihat adanya suatu kesempatan tertentu

                                                           157
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168