Page 21 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 21
menjadi penyedia layanan internet terbaik pada tahun 2020 sedangkan
misinya adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen.
(3) Tujuan : Sasaran jangka panjang dan sasaran jangka pendek
Tujuan adalah hasil akhir yang ingin dicapai. Secara umum tujuan terbagi
atas dua yaitu:
(a) Tujuan non operasional atau sasaran kualitatif, misalnya tujuan dari
universitas adalah mencari kebenaran (kita tidak dapat melihat
kebenaran meningkat sekian persen).
(b) Tujuan operasional atau sasaran kuantitatif misalnya kenaikan
volume penjualan sebesar 15%.
Sasaran jangka panjang dan pendek diperlukan dalam berbagai area dimana
DOKUMEN
kinerja dan hasil memberikan efek langsung dan bersifat penting dalam
kelangsungan hidup sebuah perusahaan (Peter Drucker). Penetapan tujuan
harus meliputi area kunci sebagai berikut:
(a) Implementasi dari misi, dengan menetepakan harapan apa yang akan
dicapai. IAI
(b) Membuat arah dari organisasi kepada manajer dan staf agar mereka
mengetahui bagaimana usaha yang harus dikerjakan untuk
mencapainya.
(c) Menilai apakah keputusan yang dibuat valid, dengan melihat apakah
menilai apakah cukup untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.
(d) Menilai dan mengontrol kinerja aktual, dengan melihat tujuan sebagai
target dari apa yang akan dicapai.
(4) Perencanaan dan standar
Perencanaan adalah pernyataan dari apa yang harus dilakukan untuk
mencapai tujuan operasional. Standar dan target harus dibuat sesuai dengan
tingkatan kinerja yang diharapkan.
15