Page 220 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 220
ETIKA PROFESI
DAN TATA KElOlA
KORPORAT
Bank. Untuk itu Bank Mandiri memformulasikan program transformasi yang komprehensif dari empat
strategi pokok yaitu:
a. Penanaman corporate culture yang baru melalui restrukturisasi organisasi yang berdasarkan pada
kinerja, memperbaiki sistem evaluasi performance-based, mengembangkan leadership dan talent, serta
training dan hiring staf untuk memenuhi kebutuhan strategic perusahaan.
b. Pembatasan secara agresif untuk Non-Performing Loan dengan penekanan pada penyelesaian hutang
bermasalah dan memperkuat sistem managemen resiko.
c. Mempercepat akselerasi usaha sehingga dapat mempercepat tingkat rata rata pertumbuhan pasar
melalui strategi yang terbaik pada setiap segmen.
d. Mengembangkan aliansi antara direktur and unit bisnis sehingga mengoptimalkan pelayanan kepada
pelanggan dan mencari seluruh kesempatan bisnis dari pelanggan saat ini dan value chains mereka.
Untuk mencapai tujuan menjadi pemain regional utama, Bank Mandiri melakukan program transformasi
dalam tiga tahap yaitu:
1. Tahap Satu – “Back on Track” (2006-2007): Selama tahap ini, fokus diutamakan pada program
restrukturisasi dan menetapkan fondasi pertumbuhan Bank Mandiri dimasa depan;
2. Tahap Dua – “Outperform the Market” (2008-2009): Selama periode ini penekanan diutamakan pada
memperluas bisnis Bank untuk menjamin pertumbuhan yang signifikan pada semua segment dan
berusaha mencapai profitabilitas yang melebihi rata-rata pasar;
DOKUMEN
3. Tahap Tiga – “Shaping the End Game” (2010): Pada tahap ini Bank Mandiri bertujuan untuk menjadi
Regional Champion Bank melalui konsolidasi dari bisnis jasa keuangan menekankan pada kesempatan
pertumbuhan strategic non-organic. Hal ini termasuk meningkatkan kinerja anak perusahaan dan
mengakuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat memberi nilai tambah bagi Bank
Mandiri.
IAI
Sesuai dengan transformasi bisnisnya, sejak tahun 2005 Bank Mandiri juga melakukan transformasi kultural
berdasarkan reformulasi dan reinvigoration (penyegaran) dari kunci utamanya. Dalam melakukan hal ini,
Bank Mandiri mengidentifikasi five core corporate cultural values, yaitu serangkaian prinsip yang dijadikan
sebagai panduan moral dalam berperilaku, bertindak dan mengambil keputusan. Lima prinsip ini dikenal
dengan istilah “TIPCE”, yaitu Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus dan Excellence:
• Trust
Membangun keyakinan dan sangka baik diantara stakeholders dalam hubungan yang tulus dan terbuka
berdasarkan kehandalan.
• Integrity
Setiap saat berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode
etik profesi.
• Professionalism
Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung
jawab.
• Customer Focus
Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh
secara berkesinambungan.
• Excellence
Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal
dan hasil yang terbaik secara terus-menerus.
Ikatan Akuntan Indonesia 211