Page 220 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 220

ETIKA PROFESI
                                                                                                  DAN TATA KElOlA
                                                                                                      KORPORAT




               Bank. Untuk itu Bank Mandiri memformulasikan program transformasi yang komprehensif dari empat
               strategi pokok yaitu:

               a.  Penanaman  corporate  culture yang baru melalui restrukturisasi organisasi yang berdasarkan pada
                   kinerja, memperbaiki sistem evaluasi performance-based, mengembangkan leadership dan talent, serta
                   training dan hiring staf untuk memenuhi kebutuhan strategic perusahaan.
               b.  Pembatasan secara agresif untuk Non-Performing Loan dengan penekanan pada penyelesaian hutang
                   bermasalah dan memperkuat sistem managemen resiko.
               c.  Mempercepat akselerasi usaha sehingga dapat mempercepat tingkat rata rata pertumbuhan pasar
                   melalui strategi yang terbaik pada setiap segmen.
               d.  Mengembangkan aliansi antara direktur and unit bisnis sehingga mengoptimalkan pelayanan kepada
                   pelanggan dan mencari seluruh kesempatan bisnis dari pelanggan saat ini dan value chains mereka.

               Untuk mencapai tujuan menjadi pemain regional utama, Bank Mandiri melakukan program transformasi
               dalam tiga tahap yaitu:

               1.  Tahap Satu – “Back on Track” (2006-2007): Selama tahap ini, fokus diutamakan pada  program
                   restrukturisasi dan menetapkan fondasi pertumbuhan Bank Mandiri dimasa depan;
               2.  Tahap Dua – “Outperform the Market” (2008-2009): Selama periode ini penekanan diutamakan pada
                   memperluas bisnis Bank untuk menjamin pertumbuhan yang signifikan pada semua segment dan
                   berusaha mencapai profitabilitas yang melebihi rata-rata pasar;
                               DOKUMEN
               3.  Tahap Tiga – “Shaping the End Game” (2010): Pada tahap ini Bank Mandiri bertujuan untuk menjadi
                   Regional Champion Bank melalui konsolidasi dari bisnis jasa keuangan menekankan pada kesempatan
                   pertumbuhan  strategic  non-organic. Hal ini termasuk meningkatkan kinerja anak perusahaan dan
                   mengakuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat memberi nilai tambah bagi Bank
                   Mandiri.
                                                     IAI
               Sesuai dengan transformasi bisnisnya, sejak tahun 2005 Bank Mandiri juga melakukan transformasi kultural
               berdasarkan reformulasi dan reinvigoration (penyegaran) dari kunci utamanya. Dalam melakukan hal ini,
               Bank Mandiri mengidentifikasi five core corporate cultural values, yaitu serangkaian prinsip yang dijadikan
               sebagai panduan moral dalam berperilaku, bertindak dan mengambil keputusan. Lima prinsip ini dikenal
               dengan istilah “TIPCE”, yaitu Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus dan Excellence:
               •   Trust
                   Membangun keyakinan dan sangka baik diantara stakeholders dalam hubungan yang tulus dan terbuka
                   berdasarkan kehandalan.
               •   Integrity
                   Setiap saat berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode
                   etik profesi.
               •   Professionalism
                   Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung
                   jawab.
               •   Customer Focus
                   Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh
                   secara berkesinambungan.
               •   Excellence
                   Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal
                   dan hasil yang terbaik secara terus-menerus.











                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia     211
   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225