Page 223 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 223

ETIKA PROFESI
            DAN TATA KElOlA
            KORPORAT




            tahun 2013 Bank Mandiri mempekerjakan 33.982 karyawan dan mengoperasikan 2.050 cabang di seluruh
            Indonesia dan 6 kantor cabang luar negeri/perwakilan kantor/anak perusahaan. Selain itu, Bank Mandiri
            memiliki jaringan dari 230.000 unit Electronic Data Capture serta saluran elektronik dan komprehensif
            yang meliputi Mandiri Mobile, Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000. Bank Mandiri juga
            didukung oleh enam anak perusahaan yang beroperasi di perbankan syariah, pasar modal, pembiayaan
            konsumen, asuransi jiwa, asuransi umum, serta bank niche fokus di segmen kredit mikro.



            PERTANyAAN

            Berdasarkan perspektif konflik keagenan, jelaskan akar permasalahan yang kemungkinan besar
            menyebabkan praktik CG relatif belum berjalan baik sebelum tahun 2005 serta dampak konflik keagenan
            tersebut terhadap kinerja Bank Mandiri.
            1.  Analisis apakah proses transformasi CG dan praktik CG setelah transformasi di Bank Mandiri telah
                mencakup prinsip CG ke dua hingga prinsip CG ke enam dari OECD.
            2.  Jelaskan bagaimana transformasi CG di Bank Mandiri dapat berdampak terhadap kinerja Bank.






                               DOKUMEN






                                                     IAI
















































     214     Ikatan Akuntan Indonesia
   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228