Page 223 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 223
ETIKA PROFESI
DAN TATA KElOlA
KORPORAT
tahun 2013 Bank Mandiri mempekerjakan 33.982 karyawan dan mengoperasikan 2.050 cabang di seluruh
Indonesia dan 6 kantor cabang luar negeri/perwakilan kantor/anak perusahaan. Selain itu, Bank Mandiri
memiliki jaringan dari 230.000 unit Electronic Data Capture serta saluran elektronik dan komprehensif
yang meliputi Mandiri Mobile, Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000. Bank Mandiri juga
didukung oleh enam anak perusahaan yang beroperasi di perbankan syariah, pasar modal, pembiayaan
konsumen, asuransi jiwa, asuransi umum, serta bank niche fokus di segmen kredit mikro.
PERTANyAAN
Berdasarkan perspektif konflik keagenan, jelaskan akar permasalahan yang kemungkinan besar
menyebabkan praktik CG relatif belum berjalan baik sebelum tahun 2005 serta dampak konflik keagenan
tersebut terhadap kinerja Bank Mandiri.
1. Analisis apakah proses transformasi CG dan praktik CG setelah transformasi di Bank Mandiri telah
mencakup prinsip CG ke dua hingga prinsip CG ke enam dari OECD.
2. Jelaskan bagaimana transformasi CG di Bank Mandiri dapat berdampak terhadap kinerja Bank.
DOKUMEN
IAI
214 Ikatan Akuntan Indonesia