Page 40 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 40

sistem  atau  mesin  produksi  sehingga  terjadi  penurunan  kapasitas  yang  masiv,  adanya

                     ancaman kesehatan berkaitan dengan mengkonsumsi suatu produk
               (4)  Public  relation  disaster,  berupa  tekanan  media,  publikasi  negative  yang  merugikan

                     perusahaan, adanya penuntutan terhadap CEO dan jajaran manajemen lainnya
               (5)  Business crisis, terjadi karena peristiwa-peristiwa seperti: pemogokan tenaga kerja yang tiba-

                     tiba,  kolapse-nya  pemasok  yang  tiba-tiba,  lepasnya  konsumen  secara  besar-besaran,
                     kompetitor  mengeluarkan  produk  baru,  menurunnya  permintaan  secara  tiba-tiba  dalam

                     jumlah yang besar dan sebagainya

               (6)  Management  crisis,  krisis  yang  disebabkan  antara  lain:  adanya  pengambil-alihan  oleh
                     manajemen, pembajakan manajer oleh pesaing, konflik antar dewan direksi dan sebagainya

               (7)  Legal/regulatory crisis, munculnya peraturan baru bisa saja menimbulkan kenaikan biaya,

                     hilangnya keunggulan kompetetive, timbulnya masalah ketenaga kerjaan hingga terjadinya
                     fraud.
                                DOKUMEN
               Seperti hanya dalam menghadapi siriko, perusahaan sangat penting untuk menerapkan manajemen
               krisis.  Manajemen  krisis  adalah  suatu  proses  yang  mencakup:  identifikasi  krisis,  membuat

               perencanaan merespon krisis, pengendalian dan solusi terhadap krisis.
                                                       IAI
               Pada  saat  sekarang  nampaknya  perusahaan  menaruh  perhatian  yang  lebih  besar  terhadap

               manajemen krisis dikarenakan hal-hal berikut:

               (1)  Krisis seperti bencana alam dan terorisme nampaknya memiliki dampak yang lebih ekstrim
                     dalam konteks bisnis secara global sehingga perusahaan lebih termotivasi untuk mengelola

                     krisis dengan lebih baik
               (2)  Kesadaran hukum masyarakat pada saat ini sudah lebih baik dibandingkan dimasa lampau

                     sehingga diharapkan perusahaan mampu menghadapi krisis dengan lebih baik dibandingkan
                     dimasa lampau

               (3)  Perkembangan sistem teknologi informasi dan sistem lainnya memungkinkan perusahaan

                     untuk dapat berbuat lebih banyak untuk mencegah dan atau mengelola krisis
               (4)  Media  cenderung  mempublikasikan  secara  gencar  adanya  krisis  sehingga  bisa  menjadi

                     bumerang  bagi  perusahaan  yang  mengancam  reputasi  apabila  perusahaan  tidak  segera

                     menangani kerusakan akibat krisis.







                                                             34
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45