Page 59 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 59

Pada  bagian  atas  kerangka  COSO  adalah  tujuan  dari  pengendalian  internal  yakni  operasional,

               pelaporan dan kepatuhan. Sementara di sisi kanan merupakan cakupan yakni pengendalian internal
               diterapkan di berbagai lapisan organisasi mulai dari tingkat entitas, divisi, unit operasi, hingga

               kepada tingkatan fungsi di dalam organisasi. Sementara bagian sisi depan dari kerangka COSO
               adalah komponen pengendalian internal. Terdapat lima komponen pengendalian internal, yaitu:


               (1)  Lingkungan pengendalian (control environment).

                      Komponen  ini  menekankan  pada  penekanan  pentingnya  pengendalian  dari  manajemen
                     puncak serta kesadaran dari orang-orang yang ada di dalam organisasi. Adapun lingkungan

                     pengendalian mencakup lima prinsip, yakni:
                     (a)  Menunjukan komitmen terhadap integritas dan nilai-nilai etika.

                     (b)  Menjalankan tanggung jawab pengawasan.
                     (c)  Mengembangkan struktur, otoritas, dan pertanggungjawaban.
                                DOKUMEN
                     (d)  Menunjukan komitmen terhadap kompetensi.

                     (e)  Mendorong akuntabilitas.
               (2)  Penilaian risiko (risk assessment).

                     Komponen  ini  menyaratkan  proses  asesmen  atas  risiko  di  dalam  suatu  organisasi  yang
                                                       IAI
                     tercakup dalam prinsip-prinsip berikut:

                     (a)  Menentukan tujuan yang sesuai.

                     (b)  Mengidentifikasi dan menganalisis risiko.
                     (c)  Melakukan penilaian risiko kecurangan.

                     (d)  Mengidentifikasi dan menganalisis perubahan yang signifikan.
               (3)  Aktivitas pengendalian (control activities).

                     Merupakan  berbagai  aksi  yang  dicanangkan  melalui  kebijakan  dan  prosedur  yang  dapat

                     membantu manajemen dalam memitigasi risiko dalam rangka pencapaian tujuan. Aktivitas
                     pengendalian  dilakukan  di  berbagai  tingkatan  organisasi,  berbagai  proses  bisnis,  dan

                     menggunakan berbagai lingkungan teknologi baik secara manual maupun terotomatisasi.
                     Secara  umum  aktivitas  pengendalian  dapat  berupa  persetujuan,  otorisasi,  verifikasi,

                     rekonsiliasi, tinjauan kinerja, dan pembagian wewenang.
                     Pembagian wewenang memainkan peran penting dalam aktivitas pengendalian karena dapat

                     menghindari  penggunaan  kekuasaan  secara  tidak  bertanggung  jawab  oleh  satu  pihak.

                     Adapun prinsip-prinsip yang tercakup dalam aktivitas pengendalian adalah

                                                             53
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64