Page 57 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 57
Retensi dan loyalitas penumpang
Proses Internal Keberangkatan tepat waktu
Kinerja penjualan
Jumlah kecelakaan
Rasio penerbangan per pegawai
Rasio penumpang per pegawai
Pembelajaran dan Perputaran pegawai
Pertumbuhan Penambahan jumlah pesawat
Laba per pegawai
(3) Penggunaan Informasi dalam Pengukuran Kinerja
Ukuran kinerja dan informasi yang dihasilkan digunakan oleh setidaknya tiga pengguna
DOKUMEN
berikut:
(a) Manajer untuk tujuan keputusan pengendalian dan perencanaan.
(b) Direktur untuk menilai apakah tata kelola organisasi telah efektif.
IAI
(c) Pengguna eksternal untuk menentukan keputusan terhadap organisasi.
Suatu ukuran kinerja hanya bermanfaat jika dapat diperbandingkan sehingga lebih
memiliki arti. Adapun untuk tujuan perbandingan, dapat digunakan berbagai pembanding
sebagai berikut:
(a) Anggaran, sasasaran atau standar.
(b) Tren yang dianalisis dari waktu ke waktu.
(c) Hasil operasi bagian/divisi lain dalam suatu organisasi.
(d) Hasil operasi organisasi lain dengan karakteristik yang serupa.
D. Membangun Pengendalian Internal Keuangan
Pada bagian sebelumnya sempat disinggung bahwa salah satu keseimbangan yang perlu
diperhatikan oleh fungsi keuangan adalah pengendalian (control). Pengendalian dilakukan karena
organisasi menghadapi berbagai risiko yang dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Secara
umum, pengendalian internal didefinisikan sebagai proses yang dirancang untuk menyediakan
51