Page 57 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 57

Retensi dan loyalitas penumpang

                Proses Internal             Keberangkatan tepat waktu
                                            Kinerja penjualan

                                            Jumlah kecelakaan

                                            Rasio penerbangan per pegawai
                                            Rasio penumpang per pegawai

                Pembelajaran           dan  Perputaran pegawai
                Pertumbuhan                 Penambahan jumlah pesawat

                                            Laba per pegawai



               (3)   Penggunaan Informasi dalam Pengukuran Kinerja


                     Ukuran kinerja dan informasi yang dihasilkan digunakan oleh setidaknya tiga pengguna
                                DOKUMEN
                     berikut:


                     (a)  Manajer untuk tujuan keputusan pengendalian dan perencanaan.
                     (b)  Direktur untuk menilai apakah tata kelola organisasi telah efektif.
                                                       IAI
                     (c)  Pengguna eksternal untuk menentukan keputusan terhadap organisasi.


                     Suatu ukuran kinerja hanya bermanfaat jika dapat diperbandingkan sehingga lebih
                     memiliki arti. Adapun untuk tujuan perbandingan, dapat digunakan berbagai pembanding

                     sebagai berikut:


                     (a)  Anggaran, sasasaran atau standar.
                     (b)  Tren yang dianalisis dari waktu ke waktu.

                     (c)  Hasil operasi bagian/divisi lain dalam suatu organisasi.
                     (d)  Hasil operasi organisasi lain dengan karakteristik yang serupa.


               D.    Membangun Pengendalian Internal Keuangan


               Pada  bagian  sebelumnya  sempat  disinggung  bahwa  salah  satu  keseimbangan  yang  perlu
               diperhatikan oleh fungsi keuangan adalah pengendalian (control). Pengendalian dilakukan karena

               organisasi menghadapi berbagai risiko yang dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Secara

               umum, pengendalian internal  didefinisikan sebagai proses  yang dirancang untuk  menyediakan

                                                             51
   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62