Page 56 - MODUL LEVEL DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
P. 56

(d)  Mengukur dan mengawasi pencapaian terhadap sasaran stratejik.


                     Adapun  BSC  menggunakan  empat  persepktif  yang  harus  diperhatikan  organisasi  untuk
                     kemudian menjadi dasar perancangan tujuan, ukuran (KPI), sasaran dan inisiatif. Keempat

                     persepktif tersebut dapat dilihat pada gambar 3.4. berikut:



                                                  • Kinerja keuangan
                          Keuangan
                                                  • Penggunaan sumber daya yang efektif





                  Pelanggan dan Pemangku          • Nilai bagi pelanggan
                         Kepentingan              • Kepuasan dan retensi




                                                  • Efisiensi
                     Kapasitas organisasi  DOKUMEN
                        Proses internal
                                                  • Kualitas




                                                  • Infrastruktur & teknologi
                      (pembelajaran dan           • Sumber daya manusia
                                                       IAI
                        pertumbuhan)              • Budaya


                              Gambar 3.4. Perspektif dalam Balanced Scorecard (diadaptasi dari

                        http://www.balancedscorecard.org/BSC-Basics/About-the-Balanced-Scorecard)

               Berikut ilustrasi ukuran yang dapat digunakan pada balanced scorecard di maskapai penerbangan


                     Tabel 3.1. Ilustrasi Penggunaan Ukuran pada Balanced Scorecard (Dincer et al, 2017)

                        Perspektif                                   Faktor kunci

                Keuangan                    Return on equity

                                            Return on asset
                                            Pertumbuhan laba

                                            Debt ratio
                                            Current ratio

                Pelanggan                   Laba per penumpang

                                            Tingkat keterisian kursi (load factor)


                                                             50
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61