Page 53 - Modul CA - Manajemen Keuangan Lanjutan (Plus Soal)
P. 53

MANAJEMEN
            KEUANGAN LANJUTAN





            6.7   Pengelolaan Piutang Dagang


                  Secara umum, perusahaan yang memiliki saldo kas yang kecil harus dapat mengelola piutangnya
            dengan baik yakni dengan mengurangi biaya pinjaman dan mengurangi tingkat tak tertagihnya piutang.
            Menjaga hubungan baik dengan pelanggan juga sangat penting karena dapat meningkatkan penjualan.


            Pengelolaan piutang dapat dilakukan secara bebas atau ketat, dengan kelebihan dan kekurangan sebagai
            berikut:


              Pengelolaan yang bebas                        Pengelolaan yang ketat

              Meningkatkan penjualan dan keuntungan, tetapi:  Mengurangi penjualan dan keuntungan, tetapi:
              a. Banyak piutang yang tak tertagih           a. Mengurangi piutang yang tak tertagih
              b. Meningkatkan biaya penagihan               b. Mengurangi biaya penagihan
              c. Meningkatkan biaya diskon                  c. Mengurangi biaya diskon
              d. Meningkatkan piutang                       d. Mengurangi piutang
              e. Penagihan yang lama                        e. Penagihan yang cepat
              f.  Semakin besar beban bunga                 f.  Semakin kecil beban bunga


                               DOKUMEN
            Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan yang berhubungan dengan piutang dagang:
            1.    Syarat Penjualan (term of the sale)
                  Syarat penjualan timbul saat terjadinya penjualan apakah tunai atau kredit, jika penjualan dilakukan
                  secara kredit maka perusahaan akan menentukan:
                  a.  Periode kredit
                                                     IAI
                     Biasanya perusahaan merumuskan syarat penjualan dengan cara % diskon/periode diskon,
                     periode kredit. Contoh: 2/10, n30 maka berarti perusahaan akan memberikan diskon 2% jika
                     pelanggan membayar 10 hari setelah transaksi, jatuh tempo pembayaran adalah 30 hari.
                     Periode kredit adalah lamanya waktu kredit yang diberikan, biasanya perusahaan memberikan
                     periode kredit antara 30 – 120 hari. Beberapa faktor yang mempengaruhi periode kredit
                     a)  Ketahanan barang dan nilai jaminan
                     b)  Permintaan konsumen
                     c)  Biaya, keuntungan dan standarisasi
                     d)  Risiko kredit
                     e)  Jumlah piutang
                     f)  Persaingan
                     g)  Tipe pelanggan
                  b.  Diskon tunai dan periode diskon
                     Alasan  perusahaan  memberikan  diskon  tunai  adalah  untuk  mempercepat  pelunasan  piutang
                     oleh pelanggan. Diskon tunai juga memungkinkan perusahaan menetapkan harga yang lebih
                     tinggi dan memberikan kredit kepada pelanggan.
                  c.  Tipe instrumen kredit
                     Umumnya penjualan tunai hanya menggunakan invoice (faktur penjualan) sebagai instrumen
                     formalnya.
                     a)  Perusahaan dapat menggunakan promissory note yang merupakan perjanjian antar penjual
                         dan  pembeli  namun  biasanya  ditandatangani  setelah  perusahaan  mengirimkan  barang.
                         Promissory note digunakan apabila terjadi pesanan dalam jumlah besar, tidak ada potongan
                         harga tunai, dan penjual mengantisipasi adanya masalah dalam penagihan.
                     b)  Alternatif lain, perusahaan juga dapat menggunakan conditional sales contract dimana hak
                         kepemilikan barang tetap di penjual hingga pelanggan melunasi pembayaran kredit.





     44      Ikatan Akuntan Indonesia
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58