Page 15 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 15
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB II
MENYUSUN ARAH DASAR PERUSAHAAN:
VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI
2.1 Pendahuluan
Pada bab ini peserta didik akan diajak untuk melihat gambar besar dari dinamika penyusunan dan
pengimplementasian strategi perusahaan. Perhatian secara khusus diarahkan pada tanggung jawab
manajemen dalam menyusun arah dasar perusahaan, membuat tahapan strategi, menentukan target kinerja,
dan bagaimana pada akhirnya manajemen memilih strategi tertentu yang diharapkan mampu memberikan
hasil yang diharapkan.
Bagian ini juga akan memaparkan lebih lanjut mengapa penyusunan strategi merupakan tugas keseluruhan
tim manajemen perusahaan, bukan hanya bagian tertentu saja. Akan dibahas pula jenis-jenis keputusan
stratejik mana saja dan dibuat di level mana saja yang paling banyak terjadi di perusahaan.
Untuk merangkum bagian ini, peserta didik diajak untuk mempelajari serta memahami lima tahap manajerial
DOKUMEN
yang saling berhubungan dalam proses penyusunan serta pengimplementasian strategi perusahaan, yakni:
1. Mengembangkan visi stratejik arah dasar perusahaan jangka panjang, menentukan misi untuk
mendeskripsikan tujuan perusahaan, dan menentukan nilai sebagai panduan dalam mengejar visi dan
misi perusahaan.
2. Menentukan tujuan untuk menjadi tolok ukur kemajuan serta kinerja perusahaan.
3. Menyusun strategi untuk mencapai tujuan dan mendorong perusahaan kepada tahapan stratejik yang
telah disusun oleh manajemen. IAI
4. Mengimplementasikan strategi yang sudah dipilih secara efektif dan efisien.
5. Memonitor setiap perkembangan, mengevakuasi kinerja serta melakukan penyesuaian yang sifatnya
korektif dalam visi, misi, tujuan, dan strategi perusahaan.
2.2 Tujuan Pembelajaran
1. Memahami mengapa hal ini sangat kritis bagi para manajer perusahaan untuk mempunyai visi yang
jelas mengenai ke arah mana perusahaan akan menuju dan mengapa.
2. Memahami pentingnya membuat tujuan stratejik dan finansial.
3. Memahami mengapa inisiatif stratejik yang diambil pada level organisasi yang berbeda harus saling
dikoordinasikan untuk mencapai target kinerja perusahaan secara menyeluruh.
4. Menjadi lebih menyadari akan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat
mengimplementasikan strateginya dan mencapai tingkatan operasional yang sangat baik.
5. Menjadi lebih menyadari akan peran dan tanggungjawab dewan direksi perusahaan dalam
mengendalikan keseluruhan proses manajemen stratejik.
6 Ikatan Akuntan Indonesia