Page 15 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 15

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                          BAB II


            MENYUSUN ARAH DASAR PERUSAHAAN:

            VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI




            2.1  Pendahuluan

            Pada bab ini peserta didik akan diajak untuk melihat gambar besar dari dinamika penyusunan dan
            pengimplementasian strategi perusahaan. Perhatian secara khusus diarahkan pada tanggung jawab
            manajemen dalam menyusun arah dasar perusahaan, membuat tahapan strategi, menentukan target kinerja,
            dan bagaimana pada akhirnya manajemen memilih strategi tertentu yang diharapkan mampu memberikan
            hasil yang diharapkan.
            Bagian ini juga akan memaparkan lebih lanjut mengapa penyusunan strategi merupakan tugas keseluruhan
            tim manajemen perusahaan, bukan hanya bagian tertentu saja. Akan dibahas pula jenis-jenis keputusan
            stratejik mana saja dan dibuat di level mana saja yang paling banyak terjadi di perusahaan.

            Untuk merangkum bagian ini, peserta didik diajak untuk mempelajari serta memahami lima tahap manajerial
                               DOKUMEN
            yang saling berhubungan dalam proses penyusunan serta pengimplementasian strategi perusahaan, yakni:
            1.  Mengembangkan visi stratejik arah dasar perusahaan jangka panjang, menentukan misi untuk
                mendeskripsikan tujuan perusahaan, dan menentukan nilai sebagai panduan dalam mengejar visi dan
                misi perusahaan.
            2.  Menentukan tujuan untuk menjadi tolok ukur kemajuan serta kinerja perusahaan.
            3.  Menyusun strategi untuk mencapai tujuan dan mendorong perusahaan kepada tahapan stratejik yang
                telah disusun oleh manajemen.        IAI
            4.  Mengimplementasikan strategi yang sudah dipilih secara efektif dan efisien.
            5.  Memonitor setiap perkembangan, mengevakuasi kinerja serta melakukan penyesuaian yang sifatnya
                korektif dalam visi, misi, tujuan, dan strategi perusahaan.





            2.2  Tujuan Pembelajaran

            1.  Memahami mengapa hal ini sangat kritis bagi para manajer perusahaan untuk mempunyai visi yang
                jelas mengenai ke arah mana perusahaan akan menuju dan mengapa.
            2.  Memahami pentingnya membuat tujuan stratejik dan finansial.
            3.  Memahami mengapa inisiatif stratejik yang diambil pada level organisasi yang berbeda harus saling
                dikoordinasikan untuk mencapai target kinerja perusahaan secara menyeluruh.
            4.  Menjadi  lebih menyadari akan  apa yang  harus dilakukan oleh perusahaan  agar dapat
                mengimplementasikan strateginya dan mencapai tingkatan operasional yang sangat baik.
            5.  Menjadi lebih menyadari akan peran dan tanggungjawab dewan direksi perusahaan dalam
                mengendalikan keseluruhan proses manajemen stratejik.














     6       Ikatan Akuntan Indonesia
   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20