Page 16 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 16

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               2.3  Menyusun Visi, Misi Stratejik dan Serangkaian Nilai-Nilai Utama

               Dalam tahap awal proses penyusunan strategi, para manajer terkadang harus bergumul dengan isu mengenai
               arah mana yang akan dituju perusahaan. Untuk memutuskan berkomitmen terhadap arah dasar perusahaan
               yang akhirnya ditentukan, kesimpulan yang sangat beralasan tentang apakah langkah perusahaan selama
               ini sudah benar dan menawarkan peluang-peluang pertumbuhan yang menarik dan menghasilkan profit,
               ataukah perlu segera dilakukan perubahan atas arah jangka panjang perusahaan serta strateginya.

               Pada bagian ini para peserta didik akan diajak mempelajari lebih jauh tahap pertama dari tugas manajerial
               di perusahaan, yakni merumuskan visi, misi dan nilai-nilai utama perusahaan, yang meliputi:

               a.  Mengembangkan Visi Stratejik. Visi stratejik hanya akan berdampak bila dipatrikan ke dalam benak
                   dan hati keseluruhan perangkat organisasi, yang kemudian diterjemahkan ke dalam tujuan serta
                   strategi perusahaan. Visi stratejik menggambarkan aspirasi perusahaan untuk masa depannya.
               b.  Mengkomunikasikan Visi Stratejik. Visi yang dikomunikasikan secara efektif adalah perangkat untuk
                   mengikat komitmen para karyawan perusahaan untuk bergerak, bertindak agar perusahaan bergerak
                   maju ke arah yang diinginkan.
               c.  Menyusun Pernyataan Misi. Misi perusahaan mendeskripsikan maksud dan tujuan, serta bisnisnya saat
                   ini.
               d.  Menghubungkan Visi dan Misi dengan Nilai Perusahaan. Nilai utama perusahaan adalah keyakinan,
                               DOKUMEN
                   kepribadian dan norma perilaku yang ditunjukkan oleh para karyawannya, dan hal-hal tesebut
                   diharapkan dapat menunjukkan bagaimana bisnis perusahaan dijalankan dalam mengejar visi stratejik
                   dan misinya.


                                                     IAI

               2.4  Menentukan Tujuan

               Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari apa itu tujuan perusahaan dan bagaimana kita
               menentukan tujuan perusahaan tersebut. Pada dasarnya “tujuan perusahaan” adalah target kinerja
               perusahaan, berupa hasil yang sangat spesifik yang ingin dicapai oleh manajemen. Tujuan utama manajemen
               dalam menyusun tujuan perusahaan adalah untuk mengkonversikan visi dan misi perusahaan menjadi
               target kinerja yang sangat spesifik. Spesifik di sini maksudnya adalah kongkrit, dapat dikuantifikasi, dapat
               diukur, dan mengandung rentang waktu serta batas waktu yang ditentukan. Ada tiga alasan mengapa tujuan
               perusahaan harus kongkrit, terukur dan memiliki deadline yang menjadi sangat bernilai bagi para manajer:

               a.  Tujuan itu akan lebih memfokuskan daya upaya para manajer dan staff lainnya serta menyelaraskan
                   seluruh aktivitas dan tindakan mereka ke semua level dalam organisasi.
               b.  Tujuan itu akan berperan sebagai tolok ukur, atau alat ukur, untuk melihat progres dan kinerja
                   perusahaan.
               c.  Tujuan itu memberi motivasi sekaligus memberi inspirasi bagi para karyawan untuk bekerja pada
                   tingkat optimal.

               Namun ada satu pertanyaan kristis sebelum proses penyusunan tujuan perusahaan dimulai: tujuan seperti
               apa, atau yang bagaimana yang harus disusun? Dua jenis target kinerja yang berbeda diperlukan, satu
               yang berkaitan dengan kinerja finansial, satunya lagi berkaitan dengan kinerja stratejik. Tujuan finansial
               mengkomunikasikan  target kinerja finansial manajemen, sementara tujuan stratejik berkaitan  dengan
               pemasaran serta vitalitas kompetitif perusahaan. Dalam bagian ini peserta didik akan mempelajari setiap
               detil perbedaan dari kedua jenis tujuan tersebut.








                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia       7
   11   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21