Page 33 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 33
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB V
LIMA STRATEGI KOMPETITIF GENERIK:
YANG MANAKAH YANG AKAN DITERAPKAN
5.1 Pendahuluan
Ada beberapa pendekatan dasar untuk menjalankan persaingan yang berhasil serta untuk mendapatkan
keunggulan kompetitif terhadap para pesaing, namun bagaimanapun juga hal tersebut pasti akan melibatkan
kapasitas perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dibandingkan dengan para pesaing.
Nilai yang unggul dapat berarti produk yang baik dengan harga yang terjangkau, produk yang berkualitas
tinggi yang layak dihargai mahal, atau penawaran nilai terbaik yang mewakili kombinasi yang menarik
antara harga, fitur, kualitas, layanan dan atribut-atribut lain yang tak kalah menarik.
Untuk hal tersebut, diperlukan upaya untuk menjalankan aktifitas mata rantai nilai yang berbeda dari
para pesaing, serta perlu membangun sumber daya serta kemampuan yang bernilai tinggi yang tidak bisa
dilakukan oleh para pesaing.
DOKUMEN
Dalam Bab 5 ini akan dibahas opsi-opsi atas lima strategi kompetitif generik. Kita akan dituntun bagaimana
memilih strategi mana yang paling sesuai untuk membantu perusahaan-perusahaan mengembangkan
strategi secara keseluruhan agar mencapai keungguluan kompetitif.
IAI
5.2 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran modul Bab 5 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Memahami hal-hal apa saja yang membedakan setiap strategi kompetitif generik dan mengapa
beberapa strategi tersebut bekerja dengan baik di industri serta kondisi persaingan tertentu dibanding
strategi yang lain.
2. Memiliki pemahaman yang kuat akan cara-cara penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif
berbasis biaya rendah.
3. Mempelajari cara-cara penting menuju keunggulan kompetitif berbasis diferensiasi atas penawaran
produk dan jasa suatu perusahaan terhadap penawaran para pesaing.
4. Mengenali atribut-atribut strategi penyedia biaya terbaik serta strategi bagaimana perusahaan-
perusahaan menggunakan kombinasi strategi untuk membangun keunggulan kompetitif dan
menawarkan nilai yang sangat menarik bagi pelanggan.
5.3 Lima Strategi Kompetitif Generik
Strategi daya saing perusahaan berhubungan langsung dengan hal-hal yang sifatnya spesifik dari ‘rencana
permainan’ demi suksesnya memenangi persaingan, misalnya berhubungan dengan upaya-upaya spesifiknya
untuk menyenangkan hati pelanggan; upaya-upaya ofensif serta defensif untuk merespon manuver para
pesaing; apa saja respon-respon yang diperlukan untuk menyikapi perubahan pasar; inisiatif-inisiatif untuk
24 Ikatan Akuntan Indonesia