Page 30 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 30
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
Nilai Perusahaan Selaras.
d. Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memperbaiki Masalah-Masalah Biaya Atau Efektivitas.
e. Menterjemahkan Kinerja Yang Sangat Baik Dari Aktivitas-Aktivitas Mata Rantai Nilai Menjadi Satu
Keunggulan Kompetitif.
Bagian ini ditutup dengan sebuah kongkulsi, bahwa dengan menjalankan aktivitas-aktivitas mata rantai nilai
dengan cara yang dapat memberikan kepada perusahaan kemampuan untuk mengungguli para pesaing
baik dengan cara diferensiasi maupun mengalahkan mereka melalui perbaikan dari sisi biaya agar tetap
kompetitif.
4.7 Apakah perusahaan secara kompetitif kuat atau lemah dibandingkan dengan para
pesaing?
Analisa kapabilitas dan sumberdaya, bersama dengan analisa mata rantai nilai serta benchmarking akan
mengungkap apakah sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif atau tidak dibandingkan para
pesaingnya berdasarkan sumberdaya, kapabilitas dan aktivitas-aktivitas individu.
Alat analisa ini juga dapat dipergunakan untuk mengetahui keunggulan kompetitif yang dikaitkan dengan
DOKUMEN
sekumpulan sumberdaya dan kapabilitas. Serangkaian sumberdaya terkadang dapat melampaui empat
pengujian kekuatan kompetitif sumberdaya bahkan saat satu komponen rangkaian sumberdaya individu
(satu jenis sumberdaya saja) tidak dapat melampauinya.
Assessment yang lebih menyeluruh akan diperlukan oleh keseluruhan kekuatan serta kelemahan yang
IAI
ada di perusahaan, karena keunggulan kompetitif di satu komponen dapat menjadi tidak ada artinya bila
komponen-komponen lainnya sama sekali tidak memiliki keunggulan kompetitif.
Pada bagian ini peserta didik akan diajak untuk menelusuri lebih lanjut, di mana untuk membuat assessment
yang menyeluruh atas keunggulan sebuah perusahaan maka jawaban-jawaban atas dua pertanyaan berikut
akan sangat membantu: pertama, bagaimana perusahaan merangking dirinya terhadap para pesaing dalam
setiap faktor yang penting yang menentukan keberhasilan di pasar? Yang kedua, dengan memperhatikan
semua hal, apakah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang telak, atau sebaliknya, melawan para
pesaingnya?
Pada bagian ini juga dipaparkan implikasi-impilkasi stratejik atas assessment kekuatan daya saing. Pada
dasarnya, assessment kekuatan daya saing akan menyediakan kesimpulan-kesimpulan yang bermanfaat
mengenai situasi kompetitif perusahaan. Peringkat yang tersaji nantinya akan menunjukkan bagaimana
sebuah perusahaan membandingkan dirinya dengan para pesaingnya berdasarkan setiap faktor, dan pada
akhirnya akan mengetahui faktor mana perusahaan itu paling kuat atau paling unggul, dan pada faktor
mana perusahaan tersebut paling lemah.
Ikatan Akuntan Indonesia 21