Page 28 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 28
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
4.3 Seberapa Baikkah Strategi Perusaaan Saat Ini Berjalan?
Dalam mengevaluasi seberapa baik strategi perusahaan saat ini berjalan memerlukan pengujian terhadap
pendekatan kompetitif perushaan tersebut. Pada bagian ini akan dimunculkan beberapa pertanyaan
pengujian seperti, apa saja tindakan perusahaan baru-baru ini untuk menarik lebih banyak pelanggan dan
untuk memperbaiki posisi pasarnya, misalnya: apakah perusahaan sudah menurunkan harga, memperbaiki
desain produknya, menambahkan beberapa fitur baru, meningkatkan aktivitas dan belanja iklan, memasuki
pasr yang baru (domestik maupun luar negeri), ataukah merger dengan pesaing?
Hal lainnya yang dibahas pada bagian ini adalah strategi-strategi fungsional perusahaan di dalam penelitian
dan pengembangan, produksi, pemasaran, keuangan, SDM, teknologi informasi, dan lain sebagainya akan
mengokohkan lebih jauh strategi perusahaan, demikian pula dengan upaya-upaya untuk membangun aliansi
atau kemitraan dengan perusahaan-perusahaan lain yang bernilai dan memiliki daya saing.
Ada dua indikator kunci yang menunjukkan seberapa baik strategi perusahaan berjalan atau berfungsi, yaitu:
a. Apakah perusahaan mencapai tujuan-tujuan finansial serta stratejiknya yang telah ditetapkan
sebelumnya, dan
b. Apakah perusahaan tersebut memiliki kinerja di atas rata-rata perusahaan sejenis.
DOKUMEN
4.4 Apakah Kapabilitas dan Sumberdaya Penting dan Kompetitif Yang Dimiliki Perusahaan?
Pada bagian ini dipaparkan bahwa seberapa baik strategi perusahaan akan berjalan tergantung pada kekuatan
dan kelemahan relatif sumberdaya dan kapabilitas perusahaan. Sumberdaya dan kapabilitas perusahaan
adalah aset-aset kompetitif yang menentukan apakah kekuatan kompetitifnya di pasar secara impresive kuat
atau sebaliknya mengecewakan. IAI
Analisa sumberdaya dan kapabilitas perusahaan memerlukan proses dengan langkah-langkah, dan langkah
yang pertama akan menuntut para manajer untuk mengidentifikasi apa saja sumberdaya dan kapabilitas
perusahaan, sehinga mereka memiliki gagasan yang lebih lengkap mengenai apa saja yang harus mereka
lakukan untuk menyusun strategi perusahaan yang kompetitif. Langkah kedua adalah menguji lebih lanjut
kapabilitas serta sumberdaya perusahaan untuk memastikan mana-mana yang memiliki nilai kompetitif
serta menentukan apakah hal-hal tersebut dapat membantu perusahaan mencapai keunggulan kompetitif
yang berkelanjutan terhadap para pesaingnya.
Dalam bagian ini pula para peserta didik akan diajak untuk mempelajari empat jenis pengujian, atau test
melalui pertanyaan-pertanyaan tertentu untuk menguji kekuatan kompetitif sumberdaya, yakni:
a. Apakah sumberdaya (atau kapabilitas) yang dimiliki perusahaan secara kompetitif bernilai?
b. Apakah sumberdaya tersebut langka - apakah sumberdaya itu tidak dimiliki para pesaing?
c. Apakah sumberdaya tersebut sulit untuk ditiru atau dijiplak?
d. Apakah sumberdaya tersebut dapat digantikan dengan sumberdaya-sumberdaya dan kapabilitas lain
- apakah di luar sana ada sumberdaya pengganti yang baik?
Ikatan Akuntan Indonesia 19