Page 35 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 35
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
1. Mematok harga yang tinggi untuk produk premium-nya,
2. Meningkatkan penjualan unit (karena pembeli-pembeli baru dimenangkan dengan fitur-fitur
pembeda atas produk-produk perusahaan tersebut), dan
3. Mendapatkan loyalitas pelanggan pada mereknya (karena beberapa pelanggan terikat secara kuat
pada fitur pembeda dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut).
Hal lain yang juga akan dipelajari pada bagian ini antara lain adalah, bagaimana mengelola mata rantai nilai
untuk menciptakan atribut-atribut yang menjadi pembeda; bagaimana menciptakan nilai yang sangat unggul
melalui strategi diferensiasi luas; memahami dalam kondisi apa strategi diferensiasi akan bekerja dengan baik;
serta, mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari saat menjalankan strategi diferensiasi.
5.6 Strategi Pasar Terfokus
Apa yang menjadikan ‘strategi terfokus’ berbeda dari strategi penyedia biaya rendah atau strategi diferensiasi
luas adalah perhatian yang terpusat pada bagian yang sempit (terfokus saja) dari pasar secara total. Segmen
yang disasar bisa saja terkelompok atas dasar kekhasan geografis, atau pada syarat pemakaian suatu produk
yang sangat khas, atau bisa pula berdasarkan atribut-atribut yang menarik pada pelanggan-pelanggan
tertentu saja.
DOKUMEN
Pada bagian ini, para peserta didik akan belajar beberapa hal seperti:
1. Strategi Biaya Rendah Terfokus
2. Strategi Diferensiasi Terfokus
IAI
3. Memahami dalam Situasi Apa Strategi Biaya Rendah Terfokus dan Strategi Diferensiasi Terfokus akan
Menarik Pelanggan
4. Memahami Risiko Strategi Biaya Rendah Terfokus dan Strategi Diferensiasi Terfokus
5.7 Strategi Penyedia Biaya Terbaik
Strategi ini mengambil posisi tengah di antara upaya mengejar keunggulan biaya rendah serta keunggulan
diferensiasi, serta antara menarik minat pasar yang lebih luas dan pasar yang lebih terfokus. Berposisi di
tengah-tengah seperti ini akan memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengejar pembeli yang sensitif
terhadap nilai produk dimana jumlah mereka sangat banyak, yang mana mereka akan mencari produk-
produk dengan kualitas baik hingga sangat baik namun dengan harga yang ekonomis. Pembeli seperti ini
pada umumnya bersedia membayar fitur dan fungsionalitas ekstra pada harga yang adil.
Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari bahwa dari sudut pandang competitive-positioning,
maka Strategi Biaya Terbaik adalah sebuah hibrid – campuran – yang menyeimbangkan penekanan stratejik
pada biaya rendah serta diferensiasi pada saat yang bersamaan.
Untuk menutup bagian ini, para peserta didik juga akan dibawa untuk memahami kapan dan dalam situasi
apa Strategi Penyedia Biaya Terbaik akan berfungsi dan berhasil, dan risiko-risiko apa saja yang ada dalam
Strategi Penyedia Biaya Terbaik.
26 Ikatan Akuntan Indonesia