Page 34 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 34
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
memperkuat posisi pasar; dan hal-hal spesifik lainnya untuk meraih keunggulan kompetitif.
Untuk hal tersebut, diperlukan lima (5) strategi kompetitif generik yang bila dirangkum substansinya akan
mengerucut pada dua (2) faktor yang membedakan ke lima strategi tersebut, yakni a) apakah target pasar
perusahaan bersifat luas atau sempit, dan b) apakah perusahaan tersebut yang sedang mengejar keunggulan
kompetitif terkait dengan diferensiasi biaya rendah atau diferensiasi produk.
Berikut ke lima (5) strategi keunggulan kompetitif generik tersebut:
1. Strategi Penyedia Biaya Rendah
2. Strategi Diferensiasi Luas
3. Strategi Biaya Rendah yang Terfokus
4. Strategi Diferensiasi yang Terfokus
5. Strategi Penyedia Biaya Rendah Terbaik
5.4 Strategi Penyedia Biaya Rendah
Pada intinya upaya-upaya untuk menjadi penyedia biaya rendah secara menyeluruh di dalam industri
DOKUMEN
adalah suatu pendekatan keunggulan kompetitif yang paling kuat di dalam pasar yang dipenuhi pembeli
dengan sensitifitas harga.
Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari bahwa untuk efektifitas maksimal, penyedia biaya
rendah perlu mengembangkan pendekatan-pendekatan penekanan biaya yang sulit ditiru para pesaing,
beberapa di antaranya dapat dilakukan dengan menyatukan fitur-fitur serta layanan-layanan yang dianggap
IAI
pelanggan sangat penting.
Pada bagian ini pula peserta didik akan belajar mengenai dua (2) cara utama untuk mencapai keunggulan
biaya, yakni melalui:
1. Manajemen Aktifitas Mata Rantai Nilai Berbiaya Rendah
2. Memperbaiki Sistem Mata Rantai Nilai untuk Menurunkan Biaya
Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, pada bagian ini akan ditutup dengan pemaparan
kunci keberhasilan penyedia biaya rendah, syarat-syarat kapan strategi biaya rendah dapat berfungsi dengan
baik, serta pemahaman akan hal-hal yang harus dihindari saat menjalankan strategi penyedia biaya rendah.
5.5 Strategi Diferensiasi Luas
Salah satu prinsip dasar strategi diferensiasi adalah bahwa strategi diferensiasi hanya akan menjadi menarik
apabila kebutuhan serta preferensi pembeli terlalu berbeda satu sama lain (perbedaan yang sangat luas)
yang tidak begitu saja bisa dipuaskan oleh satu standar produk yang ditawarkan di dalam pasar. Bahkan,
diferensiasi produk yang sukses menuntut studi yang menyeluruh serta hati-hati terhadap kebutuhan
serta perilaku pembeli, lalu mempelajari yang sebenarnya mereka anggap penting dan memiliki nilai, dan
seberapa besar mereka bersedia membayar untuk nilai tersebut. Strategi diferensiasi menuntut proposisi
nilai pelanggan yang bersifat unik, khas.
Pada bagian ini pula para peserta didik akan mempelajari bahwa diferensiasi yang berhasil akan mengarahkan
perusahaan untuk melakukan salah satu atau beberapa tindakan sebagai berikut:
Ikatan Akuntan Indonesia 25