Page 34 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 34

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               memperkuat posisi pasar; dan hal-hal spesifik lainnya untuk meraih keunggulan kompetitif.

               Untuk hal tersebut, diperlukan lima (5) strategi kompetitif generik yang bila dirangkum substansinya akan
               mengerucut pada dua (2) faktor yang membedakan ke lima strategi tersebut, yakni a) apakah target pasar
               perusahaan bersifat luas atau sempit, dan b) apakah perusahaan tersebut yang sedang mengejar keunggulan
               kompetitif terkait dengan diferensiasi biaya rendah atau diferensiasi produk.

               Berikut ke lima (5) strategi keunggulan kompetitif generik tersebut:

               1.   Strategi Penyedia Biaya Rendah
               2.   Strategi Diferensiasi Luas
               3.   Strategi Biaya Rendah yang Terfokus
               4.   Strategi Diferensiasi yang Terfokus
               5.   Strategi Penyedia Biaya Rendah Terbaik





               5.4  Strategi Penyedia Biaya Rendah

               Pada intinya upaya-upaya untuk menjadi penyedia biaya rendah secara menyeluruh di dalam industri
                               DOKUMEN
               adalah suatu pendekatan keunggulan kompetitif yang paling kuat di dalam pasar yang dipenuhi pembeli
               dengan sensitifitas harga.
               Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari bahwa untuk efektifitas maksimal, penyedia biaya
               rendah perlu mengembangkan pendekatan-pendekatan penekanan biaya yang sulit ditiru para pesaing,
               beberapa di antaranya dapat dilakukan dengan menyatukan fitur-fitur serta layanan-layanan yang dianggap
                                                     IAI
               pelanggan sangat penting.
               Pada bagian ini pula peserta didik akan belajar mengenai dua (2) cara utama untuk mencapai keunggulan
               biaya, yakni melalui:

               1.   Manajemen Aktifitas Mata Rantai Nilai Berbiaya Rendah
               2.   Memperbaiki Sistem Mata Rantai Nilai untuk Menurunkan Biaya

               Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, pada bagian ini akan ditutup dengan pemaparan
               kunci keberhasilan penyedia biaya rendah, syarat-syarat kapan strategi biaya rendah dapat berfungsi dengan
               baik, serta pemahaman akan hal-hal yang harus dihindari saat menjalankan strategi penyedia biaya rendah.





               5.5  Strategi Diferensiasi Luas

               Salah satu prinsip dasar strategi diferensiasi adalah bahwa strategi diferensiasi hanya akan menjadi menarik
               apabila kebutuhan serta preferensi pembeli terlalu berbeda satu sama lain (perbedaan yang sangat luas)
               yang tidak begitu saja bisa dipuaskan oleh satu standar produk yang ditawarkan di dalam pasar. Bahkan,
               diferensiasi  produk  yang  sukses  menuntut  studi  yang  menyeluruh  serta  hati-hati  terhadap  kebutuhan
               serta perilaku pembeli, lalu mempelajari yang sebenarnya mereka anggap penting dan memiliki nilai, dan
               seberapa besar mereka bersedia membayar untuk nilai tersebut. Strategi diferensiasi menuntut proposisi
               nilai pelanggan yang bersifat unik, khas.

               Pada bagian ini pula para peserta didik akan mempelajari bahwa diferensiasi yang berhasil akan mengarahkan
               perusahaan untuk melakukan salah satu atau beberapa tindakan sebagai berikut:





                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      25
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39