Page 29 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 29

SiStem informaSi
            dan Pengendalian internal





                                                                                        BAB III


            PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM

            MENDUKUNG SISTEM INFORMASI (BAGIAN 1)




            3.1  Siklus Pemrosesan Data


            Salah satu fungsi dari sistem informasi dalam hal ini sistem informasi akuntansi adalah memproses
            transaksi-transaksi yang ada dalam perusahaan secara efektif dan efisien. Dalam sistem manual yang tidak
            mengunakan teknologi informasi, data dimasukkan ke dalam jurnal dan buku besar yang berbasis kertas,
            sedangkan dalam sistem yang berbasis komputer data direkam ke dalam komputer dan direkam dalam
            database. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan terhadap data untuk menghasilkan informasi yang berguna
            dan relevan disebut siklus pemrosesan data (data processing cycle), proses tersebut terdiri dari empat langkah
            yaitu perekaman data (data input), penyimpanan data (data storage), pengolahan data (data processing) dan
            penyajian informasi (information output).

            3.1.1 Perekaman Data (Data Input)
                               DOKUMEN
            Tahap perekaman data merupakan tahap pertama dari siklus pemrosesan data dimana data direkam dan
            dimasukkan ke dalam sistem. Perekaman data biasanya dipicu oleh kegiatan bisnis. Data yang direkam
            terkait dengan kegiatan bisnis harus mencakup:

            1.   Aktivitas yang terjadi.
                                                     IAI
            2.   Sumber daya yang terdampak oleh setiap aktivitas.
            3.   Pihak-pihak (orang/SDM) yang terlibat dalam setiap proses.

            Data yang paling banyak direkam dalam siklus pendapatan adalah penjualan, baik penjualan secara tunai
            maupun kredit, data-data yang direkam dapat berupa:

            1.   Tanggal dan waktu terjadinya penjualan.
            2.   Petugas yang membantu konsumen pada saat penjualan.
            3.   Petugas yang menyelesaikan administrasi penjualan.
            4.   Kasir yang menerima pembayaran.
            5.   Jenis-jenis barang yang dijual.
            6.   Jumlah barang yang terjual untuk masing-masing jenis barang.
            7.   Harga jual dan harga sebenarnya barang yang terjual.
            8.   Jumlah harga penjualan.
            9.   Permintaan - permintaan terkait pengiriman.
            10.  Untuk penjualan dengan kredit: nama konsumen, alamat penagihan, alamat pengiriman.

            Kebanyakan perusahaan-perusahaan menggunakan kertas sebagai dokumen sumber yang digunakan untuk
            mencatat data-data aktivitas bisnisnya, baru kemudian data tersebut dipindahkan ke dalam komputer, yang
            dapat menggunakan format tampilan sama dengan yang dalam dokumen.

            Perusahaan dapat juga mengunakan  turnaround documents yang merupakan dokumen yang diedarkan
            kepada pihak eksternal  yang kemudian menambahkan data ke dalam dokumen dan ketika dokumen
            kembali ke dalam perusahaan, dokumen tersebut menjadi dokumen yang digunakan oleh perusahaan
            untuk merekam data.








     20      Ikatan Akuntan Indonesia
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34