Page 194 - Modul CGAA Daerah
P. 194
Kertas kerja konsolidasi adalah alat bantu untuk menyusun neraca saldo gabungan SKPD
dan PPKD yang berguna untuk mempermudah proses pembuatan laporan keuangan
gabungan.
Kertas kerja konsolidasi yang harus disiapkan terdiri atas 3 jenis:
1. Worksheet LRA: Menggabungkan akun pendapatan LRA, belanja, transfer dan
pembiayaan.
2. Worksheet LO: Menggabungkan akun pendapatan LO dan beban.
3. Worksheet Neraca: Menggabungkan akun aset, kewajiban dan ekuitas.
Berdasarkan PP No. 71 Tahun 2010, laporan keuangan yang harus disiapkan oleh
WEB VERSION
Pemerintah Daerah meliputi:
1. Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
IAI
2. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LPSAL)
3. Laporan Operasional (LO)
4. Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
5. Neraca
6. Laporan Arus Kas
7. Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).
Urutan penyusunan laporan keuangan konsolidasi adalah sebagai berikut:
Gambar 3.6 Tahapan Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi
halaman 187 dari 196