Page 110 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 110

benar/sesuai  perencanaan,  dan

                                                                         mencari     tahu     mengapa,

                                                                         kemudian     dapat     diambil
                                                                         tindakan koreksi

                                          Dapat  memutuskan  untuk  Hal  ini  dapat  merupakan
                                          tidak melakukan sesuatu        keputusan  manajemen,  jika

                                                                         hasil aktual ternyata lebih baik
                                                                         dari  yang  direncanakan,  atau

                                                                         ketika hasil yang jelek ternyata

                                                                         disebabkan  oleh  sesuatu  yang
                                                                         tidak mungkin akan terjadi lagi

                                                                         di masa depan.
                               DOKUMEN
                                          Dapat          menyesuaikan  Jika  hasil  aktual  berbeda
                                                                         dengan yang telah direncakanan
                                          perencanaan atau target
                                                                         atau     ditargetkan,      dan
                                                     IAI                 manajemen      tidak     dapat


                                                                         melakukan  tindakan  apa  pun
                                                                         untuk

                                                                         tersebut.  memperbaiki   situasi




                        (2)  Ciri-Ciri Feddback yang Efektif
                             (a)  Laporan harus jelas dan komprehensif

                             (b)  Menerapkan  Prinsip  Pengecualian:  perbedaan  signifikan  antara  hasil
                                   aktual  dengan  target  harus  digarisbawahi  untuk  investigasi.  Untuk

                                   bagian-bagian yang telah sesuai dengan rencana tidak ditonjolkan saat
                                   disajikan dalam laporan pengendalian manajemen.

                             (c)  Biaya-biaya  dan  pendapatan  yang  dapat  dikendalikan  harus

                                   diidentifikasikan  secara  terpisah.  Ada  bagian-bagian  yang  dapat
                                   dipengaruhi secara langsung oleh manajer yang menerima laporan. Hal

                                   ini  dapat  menurunkan  motivasi,  jika  manajer  merasa  bahwa  mereka




                                                              105
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115