Page 131 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 131

Customer level:

                                 -  Telepon      136.000.000    800.000/call   0             80.000.000    56.000.000
                                    penjualan

                                 - Penanganan    24.000.000     120.000/komp   11.400.000    9.600.000     3.000.000
                                   komplain                     lain
                                   pelanggan

                                Market level:
                                -  Riset pasar –  80.000.000    Proporsi  yang  0            40.000.000    40.000.000

                                   retai market                 sama utk grup
                                                                retail
                                 -  Iklan    di  70.000.000     Dikaitkan      0             20.300.000    49.700.000

                                    majalah                     dengan
                                                                pelanggan
                                    retail
                               DOKUMEN
                                                                retail
                                                                proporsional
                                                                dengan
                                                     IAI

                                                                Dikaitkan
                                 -  Iklan    di  25.000.000     penjualan      25.000.000    0             0
                                    majalah                     langsung

                                    customer
                                Total     biaya  1.166.040.000                 792.900.000  179.640.000    193.500.00
                                aktivitas                                                                  0

                                1  dihitung berdasar berapa kali aktivitas dilakukan dikali biaya per unit atas activity driver
                                2 biaya per unit aktivitas untuk order level dan customer level didasarkan pada biaya aktivitas

                                dibagi dengan total jumlah berapa kali aktivitas dilakukan


                             Langkah  terakhir  adalah  menentukan  profitabilitas  untuk  setiap  kelompok
                             pelanggan,  dengan  membandingkan  pendapatan  penjualan  dengan  biaya

                             manufaktur dari produk yang dibeli dan customer-driven cost.

                                                Direct           Small retail   Large retail   total
                                                customer








                                                              126
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136