Page 131 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 131
Customer level:
- Telepon 136.000.000 800.000/call 0 80.000.000 56.000.000
penjualan
- Penanganan 24.000.000 120.000/komp 11.400.000 9.600.000 3.000.000
komplain lain
pelanggan
Market level:
- Riset pasar – 80.000.000 Proporsi yang 0 40.000.000 40.000.000
retai market sama utk grup
retail
- Iklan di 70.000.000 Dikaitkan 0 20.300.000 49.700.000
majalah dengan
pelanggan
retail
DOKUMEN
retail
proporsional
dengan
IAI
Dikaitkan
- Iklan di 25.000.000 penjualan 25.000.000 0 0
majalah langsung
customer
Total biaya 1.166.040.000 792.900.000 179.640.000 193.500.00
aktivitas 0
1 dihitung berdasar berapa kali aktivitas dilakukan dikali biaya per unit atas activity driver
2 biaya per unit aktivitas untuk order level dan customer level didasarkan pada biaya aktivitas
dibagi dengan total jumlah berapa kali aktivitas dilakukan
Langkah terakhir adalah menentukan profitabilitas untuk setiap kelompok
pelanggan, dengan membandingkan pendapatan penjualan dengan biaya
manufaktur dari produk yang dibeli dan customer-driven cost.
Direct Small retail Large retail total
customer
126