Page 126 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 126

Persediaan barang dalam proses sebagai  -

                                               persentase penjualan

                                               Varians  biaya  standar  yang  tidak  -
                                               menguntungkan

                                               Unit tanpa cacat sebagai persentase      +
                                               Efisiensi siklus manufaktur              +

                                               Biaya kualitas                           -

                                               Waktu perakitan                          -
                                               Jumlah  telepon  dari  pelanggan  yang  -

                                               meminta perbaikan

                                               Persentase  complain  pelanggan  yang  +
                                               ditindaklanjuti sejak kontak pertama
                               DOKUMEN

                                               Waktu  untuk  menyelesaikan  klaim  -
                                               pelanggan

                                Pelatihan dan  Saran per karyawan                       +
                                                     IAI
                                pertumbuhan
                                               Tingkat perputaran karyawan              -

                                               Jam in-house training per karyawan       +

                             Sumber: Garrison, Noreen, Brewer (2014).

                        E.   Analisis Profitabilitas Strategis

                        Untuk mengetahui bahwa suatu perusahaan telah sukses dalam menerapkan suatu

                        strategi,  maka  perusahaan  perlu  untuk  melihat  apakah  terjadi  peningkatan  dalam
                        kinerja keuangan dan laba operasi  yang dihasilkan oleh pencapaian penghematan

                        biaya yang ditargetkan dan pertumbuhan pangsa pasar. Untuk itu, perusahaan perlu
                        untuk menganalisis tiga faktor utama: pertumbuhan (growth), pemulihan harga (price

                        recovery), dan produktifitas.

                        (1)  Komponen Pertumbuhan
                             Komponen pertumbuhan mengukur perubahan dalam laba operasi yang hanya

                             disebabkan oleh perubahan dalam kuantitas output yang dijual. Komponen ini
                             dapat dihitung dengan cara menghitung:




                                                              121
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131