Page 126 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 126
Persediaan barang dalam proses sebagai -
persentase penjualan
Varians biaya standar yang tidak -
menguntungkan
Unit tanpa cacat sebagai persentase +
Efisiensi siklus manufaktur +
Biaya kualitas -
Waktu perakitan -
Jumlah telepon dari pelanggan yang -
meminta perbaikan
Persentase complain pelanggan yang +
ditindaklanjuti sejak kontak pertama
DOKUMEN
Waktu untuk menyelesaikan klaim -
pelanggan
Pelatihan dan Saran per karyawan +
IAI
pertumbuhan
Tingkat perputaran karyawan -
Jam in-house training per karyawan +
Sumber: Garrison, Noreen, Brewer (2014).
E. Analisis Profitabilitas Strategis
Untuk mengetahui bahwa suatu perusahaan telah sukses dalam menerapkan suatu
strategi, maka perusahaan perlu untuk melihat apakah terjadi peningkatan dalam
kinerja keuangan dan laba operasi yang dihasilkan oleh pencapaian penghematan
biaya yang ditargetkan dan pertumbuhan pangsa pasar. Untuk itu, perusahaan perlu
untuk menganalisis tiga faktor utama: pertumbuhan (growth), pemulihan harga (price
recovery), dan produktifitas.
(1) Komponen Pertumbuhan
Komponen pertumbuhan mengukur perubahan dalam laba operasi yang hanya
disebabkan oleh perubahan dalam kuantitas output yang dijual. Komponen ini
dapat dihitung dengan cara menghitung:
121