Page 128 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 128

Dalam  menentukan  profitabilitas  pelanggan,  tidak  praktis  untuk  menentukan
                        profitabilitas  dari  seorang  pelanggan.  Sehingga,  pelanggan  akan  dikelompokkan

                        berdasarkan ukuran, industri,  pasar, atau saluran distribusi.  Misal,  dalam industri
                        pengolahan  makanan,  akan  lebih  bermanfaat  mengelompokkan  pelanggan

                        berdasarkan saluran distribusi, membedakan antara rantai supermarket, grosir, dan

                        toko.
                        Analisis  biaya  pelanggan  adalah  biaya  atas  produk  yang  dibeli  oleh  pelanggan

                        dikaitkan ke pelanggan, bersama dengan biaya lain atas aktivitas yang disebabkan

                        oleh pelanggan (customer-driven activities). Customer-driven activities diantaranya
                        adalah  terkait  dengan  penjualan  dan  pemasaran,  pengemasan,  mencatat  pesanan,

                        pengiriman  barang,  penagihan  dan  penerimaan  pendapatan  penjualan,  dukungan
                               DOKUMEN
                        teknis dan administratif, serta pelayanan purna jual. Dalam analisis profitabilitas

                        pelanggan, biaya atas seluruh aktivitas untuk mendukung pelanggan atau kelompok
                        pelanggan diakumulasi dan dibandingkan dengan pendapatan yang dihasilkan dari
                                                     IAI
                        pelanggan  atau  kelompok  pelanggan.  Laba  relatif  dari  pelanggan  atau  kelompok

                        pelanggan dapat ditentukan dan digunakan untuk berbagai keputusan strategis.



                        Analisis profitabilitas pelanggan digunakan untuk menjawab pertanyaan berikut:

                        (1)  Pelanggan  mana  yang  menyumbang  laba  terbesar?  Bagaimana  untuk
                             mempertahankan pelanggan tersebut?

                        (2)  Pelanggan mana yang menyumbang laba terkecil? Apa yang harus dilakukan

                             perusahaan untuk menjadikan pelanggan tersebut lebih menguntungkan?
                        (3)  Pada kelompok pelanggan yang mana perusahaan harus memfokuskan bisnis

                             agar dapat memaksimalkan laba?


                        (1)  Penghitungan biaya pelanggan
                             Mengenali  hirarki  customer-driven  activities  dapat  membantu  dalam

                             mengaitkan biaya ke kelompok pelanggan dengan lebih akurat. Terdapat tiga
                             level customer-driven cost:





                                                              123
   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133