Page 121 - Modul CA - Akuntansi Manajemen Lanjutan (Plus Soal)
P. 121
AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN
Bagan 11.1 – Konsep Sales Varians Analysis
VARIANS ANGGARAN STATIS
VARIANS ANGGARAN FLEKSIBEL VARIANS VOLUME PENJUALAN
VARIANS HARGA VARIANS BIAYA VARIANS VARIANS
JUAL VARIABEL BAURAN KUANTITAS
PENJUALAN PENJUALAN
VARIANS VARIANS
PANGSA PASAR BESAR PASAR
Penjelasan dan Rumus Perhitungan Varians Penjualan:
DOKUMEN
a. Varians anggaran statis (static budget variance) merupakan seluisih antara total marjin kontribusi
aktual yang diperoleh perusahaan dengan total marjin kontribusi yang dianggarkan.
b. Terdapat dua hal yang menyebabkan timbulnya varians anggaran statis, yaitu varians anggaran fleksibel
(flexible budget variance) dan varians volume penjualan (sales volume variance).
c. Nama lain dari varians anggaran flexible adalah varians marjin kontribusi (contribution margin
variance). IAI
d. Rumus perhitungan varians anggaran flexible adalah (marjin kontribusi aktual per unit dikurangi
dengan marjin kontribusi anggaran per unit) dikalikan dengan aktual unit terjual.
e. Varians anggaran fleksibel atau varians marjin kontribusi disebabkan karena adanya selisih marjin
kontribusi aktual dengan marjin kontribusi yang dianggarkan. Selisih marjin kontribusi tersebut
disebabkan dua hal, pertama terdapat selisih antara harga jual per unit aktual dengan harga jual per
unit dianggarkan, dan yang kedua adalah selisih antara biaya variable per unit aktual dengan biaya
variabel per unit yang dianggarkan.
f. Selisih antara harga jual per unit aktual yang aktual dengan yang dianggarkan akan tercermin dalam
varians harga jual (sales price variance), sedangkan selisih antara biaya variabel per unit aktual dengan
biaya variabel per unit yang dianggarkan akan tercermin dalam varians biaya variabel (variable cost
variance).
g. Rumus perhitungan varians harga jual adalah (harga jual per unit aktual – harga jual per unit
yangdianggarkan) X jumlah aktual unit terjual.
h. Rumus perhitungan varians biaya variabel adalah (biaya variable per unit aktual – biaya variabel per
unit yang dianggarkan) X jumlah aktual unit terjual.
i. Varians volume penjualan (sales volume varians) terjadi karena adannya selisih antara volume penjualan
aktual dengan volume penjualan yang dianggarkan untuk masing-masing produk.
j. Rumus dari varians volume penjualan adalah (volume penjualan aktual – volume penjualan yang
dianggarkan) X marjin kontribusi per unit.
k. Penyebab timbulnya varians volume penjualan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu varians bauran
penjualan dan varians kuantitas penjualan.
Ikatan Akuntan Indonesia 113